Para Rider MotoGP Heran Dorna Coba-Coba Halangi Jenjang Karier Pembalap Italia dan Spanyol

1 month ago 8
ARTICLE AD BOX

Bola.net - Para pembalap MotoGP mengecam strategi CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, yang bertekad menekan jumlah pembalap Spanyol dan Italia agar MotoGP diikuti oleh para pembalap dengan beragam kebangsaan. Isu ini memang terus memanas selama beberapa bulan terakhir.

Puncaknya terjadi ketika Dorna dikabarkan melobi Pramac-Yamaha untuk menggaet Jack Miller yang berkebangsaan Australia, alih-alih menggaet calon kuat juara dunia Moto2 yang berasal dari Spanyol, Sergio Garcia. Garcia sendiri dipastikan bertahan di Moto2 pada 2025 bersama MT Helmets-MSI.

"Pembalap terbaik memang harus ada di sana , tetapi mudah untuk lebih baik jika Anda orang Italia atau Spanyol. Harusnya ini seperti Olimpiade: tiga atlet Amerika Serikat berangkat, dan jika Anda atlet Amerika Serikat keempat, Anda tak bisa berangkat, meski Anda lebih baik daripada atlet dari negara-negara lain," ujar Ezpeleta seperti yang dikutip dari Motorsport.com, Senin (26/8/2024).

Para rider MotoGP yang berasal dari Italia dan Spanyol pun tak sreg atas pernyataan Ezpeleta ini. Menurut mereka, perjuangan mereka justru lebih berat. Pasalnya, meski program junior di kedua negara ini sangat baik, para rider mereka tetap harus saling sikut dengan sengit demi mendapatkan tempat di kejuaraan dunia.

Mereka meyakini, bahwa para pembalap dari negara lain justru memiliki jalan yang lebih lapang, belum lagi mereka tak perlu saling senggol demi mendapatkan dukungan negara dan sponsor. Ini pula yang disinyalir mendorong rider Moto3, David Alonso, lebih memilih berlaga dengan kebangsaan Kolombia ketimbang Spanyol.

Berikut opini para pembalap Spanyol dan Italia di MotoGP mengenai strategi Ezpeleta dan Dorna untuk menekan jumlah rider dari negara-negara mereka.

Read Entire Article