37 Orang Tewas-Ribuan Terluka Buntut Ledakan Pager-Walkie Talkie di Lebanon

1 week ago 6
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Pemerintah Lebanon mengumumkan jumlah korban imbas ledakan massal yang menyasar dua perangkat komunikasi di Lebanon. Sebanyak 37 orang dilaporkan meninggal dunia.

"Korban tewas akibat dua gelombang ledakan perangkat komunikasi nirkabel di Lebanon meningkat menjadi 37 orang dan ribuan lainnya terluka," kata Menteri Kesehatan Lebanon Firas Al-Albiad, dilansir Anadolu Agency, Kamis (19/9/2024).

Dalam dua hari beruntun ledakan perangkat nirkabel terjadi di wilayah Lebanon. Ledakan pertama terjadi pada Selasa (17/9) waktu setempat usai sejumlah perangkat komunikasi pager meledak secara bersamaan di sejumlah lokasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Peristiwa itu menewaskan 12 orang, termasuk dua anak-anak. Sebanyak 2.323 orang juga terluka akibat ledakan tersebut.

Sehari berselang, masyarakat Lebanon juga dikejutkan dengan ledakan perangkat walkie talkie. Ada 25 orang dilaporkan tewas dan 608 orang lainnya terluka.

"Ledakan tersebut menunjukkan persatuan masyarakat Lebanon di seluruh wilayah dalam menghadapi insiden tersebut," kata Al-Abiad pada konferensi pers di Beirut.

Al-Abaid mengatakan ratusan dokter dan petugas medis telah memberikan bantuan kepada para korban ledakan. Sebanyak 287 orang yang terluka saat ini masih berada di unit rawat intensif.

Kelompok Hizbullah Lebanon menuduh Israel berada di balik ledakan tersebut dan bersumpah akan melakukan pembalasan. Sementara dari pihak Israel belum ada komentar terkait dua ledakan massal perangkat komunikasi yang terjadi di Lebanon.

(ygs/fas)

Read Entire Article