AS Bantah Terlibat Penggulingan PM Bangladesh Sheikh Hasina

1 month ago 8
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat buka suara terkait tuduhan bahwa pihaknya terlibat dalam penggulingan Perdana Menteri (PM) Banglasdesh Sheikh Hasina. Gedung Putih mengatakan bahwa pemerintah AS tidak memiliki peran apa pun dalam menggulingkan Hasina, yang baru-baru ini mengundurkan diri dari jabatannya dan melarikan diri dari negara Asia Selatan itu.

"Kami sama sekali tidak terlibat. Laporan atau rumor apa pun yang menyebutkan bahwa pemerintah Amerika Serikat terlibat dalam peristiwa ini sama besarnya dengan tuduhan palsu," kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre dalam jumpa pers pada Senin (13/8) waktu setempat, saat ditanya tentang laporan mengenai klaim keterlibatan AS, dilansir Reuters dan Al Arabiya, Selasa (13/8/2024).

Sebelumnya, menurut sebuah laporan di surat kabar Economic Times di India pada hari Minggu (12/8), Hasina menuduh AS berperan dalam menggulingkannya karena ingin menguasai pulau Saint Martin di Teluk Benggala, Bangladesh. Surat kabar itu mengatakan Hasina telah menyampaikan hal tersebut kepada media tersebut melalui rekan dekatnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, Putra Hasina, Sajeeb Wazed, dalam sebuah postingan di media sosial X pada hari Minggu, mengatakan bahwa Hasina tidak pernah membuat pernyataan seperti itu.

"Kami percaya bahwa rakyat Bangladesh harus menentukan masa depan pemerintah Bangladesh dan di situlah posisi kami," Gedung Putih menambahkan.

Read Entire Article