AS Dakwa Para Pemimpin Hamas Atas Terorisme, Termasuk Yahya Sinwar

3 weeks ago 17
ARTICLE AD BOX

Washington DC -

Otoritas Amerika Serikat (AS) telah mendakwa para pemimpin kelompok Hamas dengan rentetan pelanggaran "terorisme". Mereka yang didakwa terorisme terdiri atas Yahya Sinwar yang menjabat pemimpin Hamas saat, ini hingga mendiang pemimpin biro politik Hamas Ismail Haniyeh.

Seperti dilansir AFP dan Al Arabiya, Rabu (4/9/2024), dakwaan terorisme untuk para pemimpin Hamas itu termuat dalam dokumen pengadilan federal AS yang diungkap ke publik pada Selasa (3/9) waktu setempat.

Ada enam nama pemimpin Hamas yang disebutkan dalam dokumen dakwaan tertanggal 1 Februari, yang dijerat dakwaan "berkonspirasi untuk memberikan dukungan material bagi tindakan terorisme yang mengakibatkan kematian" dan enam dakwaan lainnya terkait terorisme.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Selain Sinwar dan mendiang Haniyeh, para pemimpin Hamas lainnya yang didakwa antara lain Marwan Issa yang merupakan wakil pemimpin sayap bersenjata Hamas di Jalur Gaza yang diyakini merencanakan serangan Hamas tahun lalu, kemudian Khaled Mashaal selaku wakil pemimpin biro politik Hamas, dan Muhammad al-Masri dan Ali Baraka yang merupakan pemimpin-pemimpin senior Hamas.

Dokumen dakwaan federal itu juga berisi permintaan penangkapan terhadap individu-individu tersebut.

Haniyeh, yang kini digantikan oleh Sinwar, tewas dalam serangan yang menghantam wisma tamu tempatnya menginap di Teheran, Iran, pada akhir Juli lalu. Otoritas Iran dan Hamas menuduh Israel sebagai dalang serangan yang menewaskan Haniyeh, meskipun Tel Aviv belum berkomentar apa pun hingga kini.

Hamas yang telah ditetapkan sebagai "organisasi teroris" oleh Washington, melancarkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel pada 7 Oktober tahun lalu. Serangan mematikan Hamas itu memicu perang brutal yang saat ini berlangsung di Jalur Gaza, yang dikuasai kelompok militan tersebut.

"Dakwaan yang diungkapkan hari ini hanyalah salah satu bagian dari upaya kami untuk menargetkan setiap aspek operasi Hamas. Langkah ini bukan yang terakhir," tutur Jaksa Agung AS Merrick Garland dalam pernyataannya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article