AS Ingatkan China Soal Langkah 'Berbahaya' di Laut China Selatan

3 weeks ago 7
ARTICLE AD BOX

Washington DC -

Pemerintah Amerika Serikat (AS) memperingatkan China soal langkah-langkah "berbahaya" yang dilakukan Beijing di Laut China Selatan. Washington menyerukan Beijing untuk mempertimbangkan kembali penggunaan "taktik berbahaya" yang berpotensi memicu eskalasi di perairan strategis yang menjadi sengketa banyak negara itu.

Seperti dilansir AFP, Selasa (10/9/2024), peringatan itu disampaikan dalam pembicaraan pertama via video call, pekan ini, antara para pejabat militer AS dan China guna membahas isu-isu yang menjadi kepentingan kedua negara.

Pembicaraan tersebut digelar saat Washington dan Beijing masih berselisih mengenai berbagai isu, mulai dari perdagangan hingga status pemerintahan mandiri Taiwan dan pendekatan China yang semakin tegas di wilayah maritim yang dipersengketakan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun kedua negara telah berupaya untuk menggelar kembali pembicaraan rutin antara militer mereka dalam upaya mencegah perselisihan yang menjadi titik konflik semakin tidak terkendali.

Komandan Komando Indo-Pasifik AS Samuel Paparo dan Kepala Komando Zona Selatan Militer China Wu Yanan melakukan pembicaraan via video call pada Selasa (10/9) waktu China.

Dalam pembicaraan itu, menurut pernyataan dari Komando Indo-Pasifik AS, Paparo "menggarisbawahi pentingnya jalur komunikasi berkelanjutan antara militer AS dan PLA (Tentara Pembebasan Rakyat-nama resmi militer China-red)".

"Diskusi seperti itu antara para pemimpin senior berfungsi untuk memperjelas niat dan mengurangi risiko kesalahan persepsi atau kesalahan perhitungan," ucap Paparo kepada Wu dalam video call tersebut.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article