AS Kerahkan Kapal Induk: Iran Akan Pikir-pikir untuk Serang Israel

1 month ago 15
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon mengatakan bahwa, pengerahan aset-aset militer tambahan AS yang mendekati Iran, akan membuat negara itu pikir-pikir soal rencananya melakukan serangan balasan terhadap Israel.

"Kami telah memindahkan kemampuan ke wilayah tersebut, yang menurut saya adil untuk dikatakan telah masuk ke dalam pikiran Iran dan akan mempengaruhi perhitungan mereka tentang bagaimana dan apakah mereka memilih untuk merespons," kata Wakil Sekretaris Pers Pentagon Sabrina Singh, dilansir Al Arabiya, Jumat (23/8/2024).

"Kami tidak ingin melihat itu terjadi, tetapi kami memiliki dua kelompok kapal induk di sana, masing-masing... dengan empat kapal perusak," kata Singh kepada Al Arabiya English selama jumpa pers di Pentagon.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin memerintahkan kapal induk kedua untuk meninggalkan Indo-Pasifik dan dikerahkan ke perairan kawasan Timur Tengah. Kelompok Penyerang Kapal Induk USS Abraham Lincoln tiba pada hari Rabu malam, setelah Austin mengeluarkan perintah kedua bagi kapal induk Lincoln untuk mempercepat transitnya.

Singh mengungkapkan bahwa kapal induk Lincoln sempat singgah beberapa kali di Indo-Pasifik, yang kemudian ditarik setelah mendapat perintah dari Austin. Kini berarti ada dua kapal induk AS yang disiagakan di kawasan Timur Tengah saat ketegangan meningkat.

Singh mengatakan bahwa peningkatan kekuatan AS ini mengirimkan pesan pencegahan yang "sangat kuat", tetapi juga bahwa Washington akan mendukung Israel jika diserang.

Militer AS telah bergegas memperkuat kehadirannya dalam beberapa minggu terakhir, setelah Iran dan kelompok Hizbullah bersumpah untuk membalas Israel atas dua pembunuhan di Beirut dan Teheran.

Read Entire Article