Banjir Bandang Terjang Thailand, 22 Orang Tewas

1 month ago 13
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Banjir bandang yang disebabkan oleh hujan lebat di Thailand telah menewaskan 22 orang dalam beberapa hari terakhir. Para pejabat Thailand pun memperingatkan akan terjadinya banjir mendadak lebih lanjut minggu ini.

Dilansir kantor berita AFP, Senin (26/8/2024), Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana Thailand mengatakan dalam sebuah pernyataan, bahwa sembilan belas orang lainnya terluka dan lebih dari 30.000 rumah tangga telah terkena dampak banjir di 13 provinsi di Thailand utara dan selatan selama 10 hari terakhir.

Di antara korban tewas terdapat 10 orang, termasuk wisatawan, yang tewas ketika tanah longsor menghantam kawasan permukiman di pulau resor populer Thailand, Phuket, pekan lalu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Departemen Pencegahan dan Mitigasi Bencana juga mengatakan sekitar 31 provinsi di utara dan timur laut kerajaan tersebut menghadapi kemungkinan banjir bandang hingga hari Kamis mendatang.

"Departemen tersebut telah memerintahkan otoritas setempat untuk memantau cuaca dengan saksama... dan menempatkan tim dan peralatan dalam keadaan siaga," kata departemen tersebut dalam pernyataannya.

"Orang-orang juga harus mengikuti ramalan cuaca dan menanggapi peringatan dengan serius," tambahnya.

Tiga pekerja, termasuk dua warga negara China dan satu orang dari Myanmar, juga hilang pada hari Senin (26/8) setelah longsoran tanah jatuh ke menimpa terowongan kereta api berkecepatan tinggi, yang sedang dibangun di distrik Pak Chong, Nakhon Ratchasima.

Sementara Thailand mengalami musim hujan lebat tahunan, perubahan iklim buatan manusia menyebabkan pola cuaca yang lebih intens, yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya banjir hebat.

(ita/ita)

Read Entire Article