Biden Desak Netanyahu Capai Kesepakatan Gencatan Senjata Gaza

1 month ago 12
ARTICLE AD BOX

Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berbicara via telepon dengan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu pada Rabu (21/8) ketika perundingan gencatan senjata Gaza terhenti. Biden mendorong Netanyahu untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata dengan Hamas di Jalur Gaza.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Kamis (22/8/2024), perundingan gencatan senjata, yang melibatkan pembebasan sandera. kembali digelar pekan ini di Qatar, namun belum berhasil mencapai kesepakatan karena Israel dan Hamas tetap teguh pada tuntutan masing-masing.

Gedung Putih mengungkapkan bahwa Biden bercakap via telepon dengan Netanyahu pada Rabu (21/8), dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris turut bergabung dalam percakapan tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Disebutkan Gedung Putih bahwa percakapan telepon terbaru antara Biden dan Netanyahu itu membahas soal "kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera serta upaya-upaya diplomatik untuk meredakan ketegangan regional".

Biden, menurut Gedung Putih, juga menekankan kepada Netanyahu soal pentingnya mencapai kesepakatan gencatan senjata demi memungkinkan pembebasan para sandera di Jalur Gaza.

"Pentingnya mencapai kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan sandera dan membahas perundingan mendatang di Kairo untuk menghilangkan hambatan yang tersisa," sebut Gedung Putih soal pernyataan Biden kepada Netanyahu.

Para mediator dari Qatar dan Mesir, serta AS, akan kembali menggelar pertemuan di Kairo pada akhir pekan ini, setelah berbulan-bulan berupaya menjembatani perbedaan antara Israel dan Hamas. Perwakilan Tel Aviv diperkirakan akan hadir dalam perundingan di Kairo nanti, namun tidak diketahui dengan Hamas.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Read Entire Article