Bursa Transfer Liga Top Eropa Sudah Ditutup, Mengapa Klub Arab Saudi Masih Bisa Beli Pemain?

1 month ago 11
ARTICLE AD BOX

Bola.net - Bursa transfer musim panas di Premier League dan mayoritas liga top Eropa lainnya ditutup pada 30 Agustus 2024. Namun, di negara-negara lain, hingga beberapa hari setelahnya, jendela transfer masih ada yang buka.

Salah satunya adalah Arab Saudi. Jadi, selama jendela transfer masih buka, klub-klub Arab Saudi masih bisa membeli pemain dari Eropa meski deadline di Eropa sudah lewat.

Itu pula yang membuat kabar transfer Leandro Trossard dari Arsenal ke Al Ittihad sempat mengemuka. Walaupun akhirnya tidak terlaksana, gosip transfer itu sempat mendapatkan perhatian.

1 dari 3 halaman

Beda Waktu Penutupan Bursa Transfer di Eropa dan Arab

Beda Waktu Penutupan Bursa Transfer di Eropa dan Arab

Logo Premier League/Liga Inggris (c) EPL

Klub-klub di mana jendela transfer telah ditutup kini hanya dapat merekrut pemain baru jika mereka adalah pemain bebas transfer, yang tidak terikat dengan klub lain, hingga Januari. Namun, mereka masih bisa menjual atau meminjamkan pemain ke tim-tim dari negara di mana jendela transfer masih terbuka.

Ada beberapa wilayah sepak bola yang cukup signifikan di mana klub-klub masih bisa membeli pemain dari liga top Eropa. Termasuk di antaranya adalah Arab Saudi, yang jendela transfernya tutup pada 2 September 2024.

Dibandingkan tahun lalu, yang tutup pada tanggal 7 September, bursa transfer Arab Saudi tahun ini tutup lima hari lebih awal. Namun, tetap saja masih ada waktu bagi klub seperti Al Ittihad untuk melakukan upaya pendekatan terhadap Trossard dari Arsenal.

2 dari 3 halaman

Arsenal Tolak Pendekatan Al Ittihad

Arsenal Tolak Pendekatan Al Ittihad

Francesco Acerbi (kiri) vs Karim Benzema dalam laga Inter Milan vs Al Ittihad di pramusim 2024/2025 (c) Instagram/inter

Arsenal telah menolak pendekatan menit-menit akhir dari Al-Ittihad untuk merekrut Leandro Trossard dengan status pinjaman selama satu musim. Menurut laporan The Guardian, Arsenal menegaskan bahwa mereka tidak berniat membiarkan penyerang asal Belgia tersebut pergi.

Klub Arab Saudi itu diketahui telah mengajukan tawaran sebesar £4 juta untuk meminjam Trossard dengan kewajiban mempermanenkan kesepakatan tersebut seharga sekitar £25 juta. Namun, tawaran itu dengan cepat ditolak oleh Arsenal, yang menganggap pemain berusia 29 tahun tersebut sebagai anggota penting dalam skuad mereka meskipun telah meminjam Raheem Sterling dari Chelsea pada hari terakhir bursa transfer Premier League, Jumat lalu.

Jendela transfer di Saudi Pro League dan beberapa liga di Eropa tutup pada hari Senin, dan Al-Ittihad sempat berharap Trossard akan bergabung dengan Moussa Diaby – yang direkrut dari Aston Villa seharga €60 juta – dalam skuad mereka.

Sampai bursa transfer Arab Saudi ditutup kemarin, Al Ittihad dipastikan gagal merekrut Trossard. Sang pemain pun tetap di Arsenal.

3 dari 3 halaman

Klasemen Premier League

Read Entire Article