Bus Angkut Peziarah Pakistan Terguling di Iran, 28 Orang Tewas-23 Luka

1 month ago 13
ARTICLE AD BOX

Teheran -

Sebuah bus yang mengangkut para peziarah asal Pakistan menuju ke Irak, mengalami kecelakaan dan terguling saat melewati wilayah Iran bagian tengah. Nahas, sedikitnya 28 orang tewas dalam kecelakaan ini, dengan 23 orang lainnya mengalami luka-luka.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (21/8/2024), kecelakaan maut itu terjadi di Provinsi Yazd, Iran bagian tengah, pada Selasa (20/8) malam. Menurut penyelidikan awal yang dilakukan kepolisian lalu lintas Iran, kecelakaan itu disebabkan oleh kerusakan teknis pada sistem pengereman bus.

"Sayangnya, sebanyak 11 perempuan dan 17 laki-laki tewas dalam kecelakaan ini," ucap direktur jenderal manajemen krisis Provinsi Yazd dalam pernyataan kepada televisi pemerintah Iran.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Tujuh korban luka kini dalam kondisi kritis dan enam korban luka lainnya kini telah meninggalkan rumah sakit," imbuh pernyataan tersebut.

Layanan konsuler Pakistan di Iran telah diundang ke Provinsi Yazd untuk mengambil langkah lanjutan menyusul kecelakaan tersebut.

"Kami menyampaikan simpati tulus kami kepada pemerintahan negara tetangga dan saudara kami, Pakistan, serta keluarga-keluarga yang ditinggalkan. Otoritas terkait di Iran secara aktif memberikan layanan bantuan dan pengobatan," ucap juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Nasser Kanaani.

Jutaan warga Muslim Syiah sedang melakukan ziarah Arbaeen di wilayah Karbala, Irak. Peristiwa itu menandai masa berkabung 40 hari untuk wafatnya Imam Hussein bin Ali, tokoh sentral dalam ajaran Islam Syiah dan cucu Nabi Muhammad SAW, pada abad ke-7 silam.

Para peziarah berkumpul di Karbala dalam momen, yang disebut sebagai pertemuan publik tahunan terbesar di dunia.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article