Debat Capres AS, Kamala Harris Tegaskan Perang Gaza Harus Diakhiri!

2 weeks ago 7
ARTICLE AD BOX

Philadelphia -

Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Kamala Harris, dalam debat capres AS, menegaskan perang yang berkecamuk antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza harus diakhiri. Namun Harris juga menegaskan komitmen terhadap Israel yang merupakan sekutu dekat AS.

Harris, seperti dilansir Al Jazeera dan Indian Express, Rabu (11/9/2024), mengadopsi kebijakan yang telah diambil Presiden Joe Biden terhadap perang yang terus berkecamuk di Jalur Gaza selama 11 bulan terakhir.

Dia fokus pada upaya yang terhenti oleh AS untuk mencapai gencatan senjata, namun menghindari komitmen untuk menggunakan pengaruh apa pun untuk mencegah Israel melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Yang kita ketahui adalah perang ini harus diakhiri," tegas Harris, sembari mengecam para korban serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober tahun lalu.

"Perang ini harus segera diakhiri, dan cara mengakhirinya adalah kita membutuhkan kesepakatan gencatan senjata dan kita membutuhkan (pembebasan) para sandera. Oleh karena itu, kita akan terus berupaya sepanjang waktu untuk mewujudkan hal itu," cetusnya.

Harris mengecam penderitaan yang dialami warga Palestina akibat perang tanpa henti di Jalur Gaza. Namun pada saat yang sama, Harris juga menegaskan dukungan teguh AS terhadap keamanan Israel, sekutunya.

"Israel memiliki hak untuk membela diri... dan cara mereka melakukan hal tersebut sangatlah penting, karena memang benar bahwa terlalu banyak warga Palestina yang tidak bersalah telah terbunuh -- anak-anak, para ibu. Yang kita ketahui adalah perang ini harus diakhiri," tegasnya.

"Saya akan selalu memberikan kepada Israel, kemampuan untuk membela diri, khususnya terkait dengan Iran dan ancaman apa pun yang ditimbulkan oleh Iran dan proksinya terhadap Israel," imbuh Harris menegaskan kebijakan AS mendukung keamanan Israel.

(nvc/ita)

Read Entire Article