Donald Trump Usul Ubah Tanggal Debat, Kamala Harris Langsung Menolak

1 month ago 13
ARTICLE AD BOX

Washington DC -

Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik Donald Trump (78) mengusulkan untuk berdebat dengan Wakil Presiden Kamala Harris (59) yang menjadi kandidat capres Demokrat di Fox News pada 4 September. Harris langsung menolak usul itu.

Dilansir Reuters, Minggu (4/8/2024), tim Harris menuding Trump mencoba untuk mundur dari debat yang telah ditetapkan untuk ditayangkan di ABC. Debat yang akan ditayangkan di ABC itu telah disepakati Trump dan Presiden AS Joe Biden untuk dilakukan pada 10 September.

Namun belakangan, Biden mundur dari bursa capres AS. Hal itu membuat Trump mengusulkan agar debat diubah ke Fox, yang banyak ditonton oleh pendukungnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aturan debat di ABC direncanakan serupa dengan debat pertama Trump dengan Biden. Namun kali ini, debat akan dihadiri 'penonton penuh' dan berlangsung di negara bagian Pennsylvania yang menjadi medan pertempuran, kata Trump.

Harris, yang pada hari Jumat mengamankan suara delegasi yang dibutuhkan untuk memenangkan pencapresand dari Demokrat, mengatakan dia berencana berpartisipasi dalam debat yang direncanakan semula, yakni 10 September dan disiarkan di ABC.

"Menarik bagaimana 'kapan pun, di mana pun' menjadi 'satu waktu tertentu, satu tempat aman tertentu'," tulisnya di platform media sosial X.

"Saya akan berada di sana pada 10 September, seperti yang telah disetujuinya. Saya berharap dapat melihatnya di sana," sambungnya.

Juru bicara Harris, Michael Tyler, mengatakan Trump 'menjadi takut' dan bahwa tim kampanyenya senang untuk membahas debat lebih lanjut setelah debat pada 10 September yang 'telah disetujui oleh kedua tim kampanye'. Trump mengatakan di Truth Social bahwa Harris 'takut melakukannya' dan bahwa ia akan menemuinya pada tanggal 4 September, 'atau, saya tidak akan menemuinya sama sekali'.

Kedua kandidat telah keliling negara secara agresif, dengan Trump mencoba serangan baru terhadap Harris, yang menurut beberapa jajak pendapat berada dalam persaingan ketat dengan mantan Presiden AS tersebut. Pada rapat umum di Atlanta kemarin malam, Trump menyerang karakter Harris dan kebijakan yang telah dipromosikannya sebagai wakil Presiden dan dia terus mengajukan pertanyaan tentang identitas rasialnya.

Pada hari Kamis, Trump secara keliru menyatakan kepada pertemuan tahunan jurnalis kulit hitam terbesar di negara itu bahwa Harris telah meremehkan warisan kulit hitamnya. Harris, yang merupakan keturunan India dan Jamaika, telah lama mengidentifikasi dirinya sebagai orang kulit hitam dan Asia. Dia kuliah di universitas yang secara tradisional merupakan universitas kulit hitam, di mana dia bergabung dengan perkumpulan mahasiswi kulit hitam terkemuka.

Trump, yang berbicara di stadion yang sama tempat Harris mengadakan rapat umum pada hari Selasa, mengatakan ada '19 cara berbeda' untuk mengucapkan nama depan Harris. Dia juga memanggilnya 'orang gila' dengan 'IQ rendah'. Sebelum Trump naik panggung, tim kampanyenya menayangkan sebuah artikel di layar lebar yang menyebut Harris sebagai 'senator India-Amerika pertama'.

Mantan Presiden AS itu juga mendedikasikan sebagian besar pidatonya untuk menyerang gubernur Georgia dari Partai Republik, Brian Kemp, dan sekretaris negara bagian dari Partai Republik, Brad Raffensperger. Kedua pria itu menuai kemarahan Trump karena gagal membatalkan kekalahan Trump dalam pemilihan umum melawan Biden di Georgia pada tahun 2020.

Penampilan Trump yang agresif bertolak belakang dengan saran dari beberapa petinggi Partai Republik yang telah mendesaknya untuk menghindari serangan terhadap identitas Harris dan serangan yang ditujukan kepada kaum konservatif. Setelah pidato Trump, tim kampanye Harris merilis pernyataan oleh Geoff Duncan, wakil gubernur Georgia dari Partai Republik dari tahun 2019 hingga 2023 dan seorang kritikus vokal Trump.

"Jika Anda dapat melihat melalui inkoherensi dan dendam Donald Trump malam ini, Anda melihat Donald Trump yang tidak peduli tentang penyatuan negara ini atau berbicara kepada para pemilih yang akan menentukan pemilihan ini," kata Duncan.

Dalam unggahannya hari Jumat di Truth Social, Trump mengatakan debat ABC telah 'dihentikan karena Biden tidak akan lagi menjadi peserta' dan karena dia sendiri sedang dalam proses litigasi dengan ABC.

ABC News tidak memberikan komentar tentang pernyataan Trump. Fox News tidak menanggapi permintaan komentar.

Simak Video: Kamala Harris Jawab Tudingan Trump soal Ras India atau Kulit Hitam

[Gambas:Video 20detik]

(haf/imk)

Read Entire Article