Gedung Putih: Perundingan Gencatan Senjata di Gaza Alami Kemajuan

1 month ago 19
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Pemerintah Amerika Serikat mengungkap perkembangan pembahasan gencatan senjata di wilayah Gaza, Palestina. Pihak Gedung Putih menyebut upaya gencatan senjata di Gaza menemukan titik terang.

"Terus ada kemajuan dan tim kami di lapangan terus menggambarkan perundingan itu konstruktif," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional, John Kirby, dilansir AFP, Selasa (27/8/2024).

Kemajuan itu juga terjadi di tengah eskalasi Hizbullah dengan Israel saat ini. Hizbullah diketahui mulai intens mengirimkan roket ke wilayah Israel.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jadi, meskipun ada serangan roket dan drone yang dilakukan Hizbullah selama akhir pekan, yang mana Israel melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk bertahan melawannya, hal ini tidak mempengaruhi pekerjaan sebenarnya di lapangan yang dilakukan oleh tim yang mencoba untuk mewujudkan kesepakatan gencatan senjata ini," kata Kirby.

Kirby mengatakan pejabat senior Gedung Putih, Brett McGurk, telah tinggal di Kairo, Mesir, selama satu hari tambahan untuk memungkinkan pembicaraan lebih lanjut terkait gencatan senjata di Gaza.

"Dia mungkin akan segera berangkat dan menyerahkan diskusi dan pekerjaan kepada anggota kelompok kerja," kata Kirby.

"Kami berharap diskusi kelompok kerja ini setidaknya akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan, tapi apakah akan berlangsung lebih lama, atau bisa berakhir lebih cepat, saya pikir itu tergantung pada mereka yang hadir dalam ruangan tersebut," sambungnya.

(ygs/ygs)

Read Entire Article