Geger Turis Hilang Usai Jatuh ke Sinkhole di Malaysia, Pencarian Berlanjut

1 month ago 10
ARTICLE AD BOX

Kuala Lumpur -

Operasi pencarian dan penyelamatan terhadap seorang turis berkewarganegaraan India yang terjatuh ke dalam sinkhole atau lubang di Malaysia terus berlanjut pada Jumat (30/8) waktu setempat. Upaya pencarian telah memasuki hari ke-8 sejak insiden itu terjadi Jumat (23/8) pekan lalu.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir The Star, Jumat (30/8/2024), operasi pencarian korban kembali dilanjutkan pada Jumat (30/8) waktu setempat setelah dihentikan sementara pada pagi hari, sekitar pukul 05.00 waktu setempat.

Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) yang terdiri atas Kepolisian Diraja Malaysia, Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (JBPM), Balai Kota Kuala Lumpur dan Departemen Mineral dan Geosains, dilaporkan sudah berada di lokasi kejadian dan area sekitarnya pada pukul 08.00 waktu untuk melanjutkan operasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Operasi SAR yang kini memasuki hari ke-8 masih fokus pada upaya membersihkan "backlog" atau penyumbatan sepanjang 15 meter yang terdeteksi pada Kamis (29/8) waktu setempat pada saluran pembuangan di bawah Wisma Yakin, yang berjarak sekitar 44 meter dari sinkhole yang menelan turis India itu.

Hal ini menyusul upaya gagal pada Jumat (30/8) pagi, sekitar pukul 04.00 waktu setempat, oleh dua penyelam (scuba divers) dari JBPM Akademi Wilayah Utara untuk membersihkan puing-puing di saluran pembuangan setelah hampir setengah jam menyelam.

Kantor berita Bernama juga mencermati bahwa jumlah tempat usaha yang beroperasi di sekitar lokasi masih sama seperti kemarin, dengan hanya pertokoan yang ada di dalam gedung-gedung yang masih buka, sedangkan para pedagang yang menggunakan tenda atau membuka lapak pinggir jalan memilih tutup.

Pada 23 Agustus lalu, seorang wanita bernama G Vijaya Lakshmi, yang berasal dari India dan berusia 48 tahun, menghilang setelah terjatuh ke dalam sinkhole, yang disebut memiliki kedalaman hingga delapan meter, dalam perjalanan ke kuil terdekat. Insiden itu terjadi di area Jalan Masjid India yang ada di Kuala Lumpur.

Seorang wanita terjatuh ke dalam lubang pembuangan sedalam 26 kaki di pusat kota Kuala Lumpur, Jumat (23/8). Petugas mengevakuasi di lokali kejadian.Petugas berusaha mencari wanita asal India yang jatuh ke dalam sinkhole sedalam 8 meter di Kuala Lumpur Foto: AP Photo/Vincent Thian

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article