Gempa Bumi M 6,1 Guncang Taiwan

1 month ago 18
ARTICLE AD BOX

Taipei -

Gempa bumi dengan Magnitudo (M) 6,1 mengguncang pantai timur Taiwan pada Jumat (16/8) pagi. Pemerintah Taipei melaporkan tidak ada laporan kerusakan besar maupun korban jiwa akibat gempa tersebut.

Seperti dilansir AFP, Jumat (16/8/2024), laporan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut guncangan gempa dirasakan hingga di area ibu kota Taipei saat mengguncang pada pukul 07.35 pagi waktu setempat. Pusat gempa disebut berada di kedalaman 15 kilometer.

Gempa itu dilaporkan berpusat di area dekat Hualien, yang pada April lalu diguncang gempa besar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Badan Cuaca Pusat Taiwan mengeluarkan peringatan via ponsel yang isinya mengimbau masyarakat untuk "tetap tenang dan mencari perlindungan di sekitar mereka".

Di Hualien, menurut laporan biro pemadam kebakaran setempat, dua orang sempat terjebak di dalam lift saat gempa menguncang dan kini telah diselamatkan.

Namun, Badan Pemadam Kebakaran Nasional melaporkan tidak ada kerusakan besar akibat gempa tersebut. Sistem kereta api berkecepatan tinggi, layanan kereta api biasa dan sistem metro dilaporkan beroperasi normal.

Tetap saja, pemerintah Taipei mengimbau warga untuk tetap waspada. "Menanggapi gempa yang terus terjadi, Kementerian Dalam Negeri mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, mewaspadai terjadinya gempa susulan, dan bersiap menghadapi gempa bumi," demikian bunyi imbauan pemerintah Taiwan.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article