Hamas Ucapkan Selamat ke Houthi Atas Serangan Rudal ke Israel

2 weeks ago 48
ARTICLE AD BOX

Gaza City -

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar mengucapkan selamat kepada kelompok Houthi atas serangan rudal yang dilancarkan mereka terhadap wilayah Israel. Sinwar menyebut serangan rudal Houthi itu mengirimkan pesan khusus kepada Tel Aviv, musuh mereka bersama.

Kelompok Houthi, yang bersekutu dengan Hamas dan sama-sama didukung Iran, meluncurkan sebuah rudal balistik pada Minggu (15/9), yang untuk pertama kalinya berhasil menjangkau wilayah Israel bagian tengah.

Rudal Houthi itu memicu kemarahan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu, yang bersumpah bahwa Tel Aviv akan memberikan "harga mahal" kepada kelompok Houthi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Saya mengucapkan selamat kepada Anda atas keberhasilan Anda dalam mencapai kedalaman entitas musuh," tulis Sinwar dalam suratnya kepada pemimpin Houthi, Abdel-Malek al-Houthi, seperti dilaporkan Al Massirah TV dan dilansir Reuters, Selasa (17/9/2024).

Sinwar memimpin Hamas dalam perang melawan Israel di Jalur Gaza, yang kini memasuki bulan ke-12. Dalam suratnya, Sinwar mengatakan bahwa rencana Israel untuk menetralisir Hamas telah gagal.

"Saya memastikan kepada Anda bahwa perlawanan baik-baik saja. Kami telah mempersiapkan diri untuk menghadapi pertempuran panjang yang menguras tenaga," ucap Sinwar.

Juru bicara militer Houthi, Yahya Sarea, mengklaim kelompoknya menyerang Israel dengan rudal hipersonik terbaru yang mampu mengudara sejauh 2.040 kilometer hanya dalam waktu 11,5 menit saja.

Pada Senin (16/9), Houthi mempublikasikan sebuah video berdurasi nyaris dua menit yang mereka sebut sebagai rudal "hipersonik" Palestine 2 yang diluncurkan dalam serangan terhadap Israel pada Minggu (15/9) waktu setempat. Kata "hipersonik" tertulis pada bagian samping rudal dengan huruf merah.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Read Entire Article