Heboh Jenderal Berpengaruh Thailand Pukul Kepala Wartawati

1 month ago 9
ARTICLE AD BOX

Bangkok -

Seorang jenderal berpengaruh di Thailand, Prawit Songsuwan, yang kini menjadi anggota parlemen menuai kecaman setelah memukul seorang wartawati di bagian kepala. Pemukulan terjadi saat sang jurnalis mengajukan pertanyaan soal Perdana Menteri (PM) baru Thailand, Paetongtarn Shinawatra.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (21/8/2024), Prawit yang berusia 79 tahun ini merupakan mantan Panglima Angkatan Darat Thailand dan berpangkat Jenderal ketika pensiun. Dia pernah menjabat Wakil PM Thailand selama 9 tahun pada era pemerintahan PM Prayut Chan-O-Cha, setelah kudeta militer tahun 2014.

Sosok Prawit terlibat dalam dua kudeta militer di Thailand. Dalam beberapa tahun terakhir, Prawit yang memimpin Partai Palang Pracharat dikenal sebagai politisi veteran dan pembuat kesepakatan politik ternama yang menjadi tokoh sentral dalam perselisihan politik selama dua dekade di negara itu.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam insiden yang terjadi pada Jumat (16/8) lalu, Prawit memukul seorang jurnalis televisi sebanyak dua kali di bagian kepala ketika dia sedang dikelilingi oleh wartawan yang melontarkan pertanyaan kepadanya. Insiden itu terekam kamera dan videonya telah beredar luas secara online hingga menuai kecaman.

Pemukulan itu terjadi saat seorang jurnalis wanita yang bekerja untuk media ThaiPBS menanyai pendapat Prawit soal kemenangan Paetongtarn dalam voting parlemen, yang tidak dihadiri oleh sang jenderal. Prawit malah balik bertanya kepada jurnalis televisi itu sebelum memukulnya di kepala.

"Apa yang kamu tanyakan? Apa yang kamu tanyakan?" ucap Prawit sebelum menyerang jurnalis tersebut.

Laporan Bangkok Post menyebut Prawit memukul kepala jurnalis wanita itu sebanyak dua kali, sembari terus melontarkan pertanyaan yang sama.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Live DetikSore:

Read Entire Article