Iran Siap Menghukum Israel Atas Pembunuhan Ismail Haniyeh

1 month ago 13
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Komandan militer Iran mengatakan bahwa perintah Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei untuk "menghukum" Israel atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, akan dilaksanakan "dengan cara sebaik mungkin."

Timur Tengah berada dalam siaga tinggi sejak pembunuhan komandan tertinggi Hizbullah Fuad Shukr di Beirut, Lebanon dan Haniyeh di Teheran, Iran, minggu lalu. Iran dan proksi-proksi regionalnya, termasuk Hizbullah di Lebanon, telah menyalahkan Israel atas serangan-serangan tersebut dan bersumpah untuk membalas.

Otoritas Israel mengonfirmasi bahwa mereka berada di balik serangan terhadap Shukr, tetapi belum mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan Haniyeh.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Perintah Khamenei mengenai hukuman berat terhadap Israel dan balas dendam atas darah martir Ismail Haniyeh adalah jelas dan gamblang," lapor kantor berita Iran, Tasnim, mengutip pernyataan Ali Fadavi, wakil kepala komandan Korps Garda Revolusi Islam (IRGC), dilansir Al Arabiya, Sabtu (10/8/2024).

"Perintah Pemimpin Tertinggi akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya," kata Fadavi.

Sebelumnya, dalam pernyataan yang dibuat tak lama setelah kematian Haniyeh, Khamenei mengatakan bahwa Iran berkewajiban untuk membalas kematian pemimpin Hamas tersebut, mengingat kematian tersebut terjadi di tanah Iran.

Saat kejadian, Haniyeh berada di Teheran, ibu kota Iran untuk menghadiri upacara pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian.

Para pejabat Amerika Serikat telah mengatakan bahwa Washington tidak terlibat dalam serangan terhadap Shukr maupun serangan terhadap Haniyeh, tetapi secara pribadi mengakui bahwa Israel berada di balik pembunuhan Haniyeh.

Read Entire Article