Israel-Hamas Sepakat Jeda Perang 3 Hari Demi Vaksinasi Polio

1 month ago 29
ARTICLE AD BOX

Gaza City -

Militer Israel dan kelompok Hamas menyepakati jeda pertempuran selama tiga hari di Jalur Gaza, yang akan digelar secara terpisah di beberapa zona tertentu. Jeda pertempuran singkat ini akan memungkinkan digelarnya putaran pertama vaksinasi polio terhadap 640.000 anak di daerah kantong Palestina tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (30/8/2024), seorang pejabat senior Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk wilayah Palestina, Rik Peeperkorn, menyebut vaksinasi polio di Jalur Gaza akan dimulai pada Minggu (1/9) mendatang, dengan jeda pertempuran dijadwalkan pukul 06.00 hingga pukul 15.00 waktu setempat.

Dia mengatakan bahwa kampanye vaksinasi tersebut akan dimulai di Jalur Gaza bagian tengah dengan jeda pertempuran selama tiga hari berturut-turut, kemudian berlanjut ke Jalur Gaza bagian selatan, di mana akan ada jeda pertempuran selama tiga hari lagi, lalu berlanjut ke Jalur Gaza bagian utara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Peeperkorn menambahkan bahwa ada kesepakatan untuk memperpanjang jeda pertempuran di setiap zona hingga hari keempat, jika diperlukan.

"Dari pengalaman kami, kami mengetahui bahwa satu hari atau dua hari tambahan sering kali diperlukan untuk mencapai cakupan yang memadai," tutur Direktur Urusan Darurat WHO, Mike Ryan, saat berbicara di hadapan Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) pada Kamis (29/8).

Pertemuan Dewan Keamanan PBB itu membahas situasi kemanusiaan di Jalur Gaza, yang dilanda perang selama nyaris 11 bulan terakhir.

Peeperkorn, dalam pernyataannya, juga mengatakan bahwa vaksinasi putaran kedua akan diperlukan sekitar empat pekan setelah putaran pertama.

"Setidaknya 90 persen cakupan diperlukan pada setiap putaran kampanye vaksinasi untuk menghentikan wabah dan mencegah penyebaran polio secara internasional,"sebut Ryan dalam forum Dewan Keamanan PBB.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Read Entire Article