Israel Ledakkan Pager-Walkie Talkie Gegara Sabotase Terancam Terungkap

1 week ago 6
ARTICLE AD BOX

Tel Aviv -

Alasan Israel meledakkan ribuan unit perangkat komunikasi yang digunakan kelompok Hizbullah di Lebanon terungkap. Tel Aviv disebut memajukan jadwal waktu untuk serangannya tersebut karena operasi sabotase massal yang mereka rencanakan terancam terungkap oleh Hizbullah.

Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) yang enggan disebut namanya, seperti dilansir The Telegraph dan CNN, Kamis (19/9/2024), mengungkapkan bahwa serangan ledakan perangkat komunikasi di Lebanon itu merupakan "momen lakukan atau tidak" bagi Israel.

Pejabat AS itu berusaha menjelaskan kepada media soal alasan yang diberikan Tel Aviv untuk serangan yang terjadi di Lebanon pekan ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di depan publik, Israel belum secara langsung mengomentari insiden ledakan pager dan ledakan walkie-talkie yang mengguncang Lebanon selama dua hari berturut-turut.

Seorang mantan pejabat Israel, yang mengetahui operasi intelijen tersebut, mengatakan bahwa pager yang dipasangi peledak itu dimaksudkan untuk digunakan sebagai serangan pembuka yang mengejutkan dalam perang total antara Israel dan kelompok Hizbullah, yang didukung Iran.

Namun, menurut pejabat AS itu, para pemimpin Israel dan badan intelijennya menjadi semakin khawatir, dalam beberapa hari terakhir, bahwa Hizbullah telah mengetahui aksi sabotase yang mereka rencanakan tersebut dan memutuskan untuk mengambil tindakan pada Selasa (17/9) yang dilanjutkan hingga Rabu (18/9).

Penjelasan senada juga disampaikan seorang sumber Israel yang mengetahui keamanan nasional negara itu, seperti dikutip CNN dalam laporannya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article