Israel Tak Sengaja Tembak Mati Warga Amerika di Tepi Barat, AS Murka!

2 weeks ago 8
ARTICLE AD BOX

London -

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken murka dan mengecam keras sekutunya, Israel, setelah militer Tel Aviv mengaku tentaranya "tidak sengaja" menembak mati seorang aktivis Amerika dalam aksi protes di Tepi Barat pekan lalu.

Blinken menyebut pembunuhan semacam itu "tidak bisa dibenarkan" dan menyerukan "perubahan mendasar" pada cara pasukan Israel beroperasi di Tepi Barat setelah kematian aktivis perempuan, berkewarganegaraan AS, yang bernama Aysenur Ezgi Eygi tersebut.

Demikian seperti dilansir CNN, Rabu (11/9/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Teguran tajam Blinken itu dilontarkan setelah Angkatan Bersenjata Israel (IDF) mengatakan pada Selasa (10/9) waktu setempat bahwa Eygi "sangat mungkin terkena tembakan IDF secara tidak langsung dan secara tidak disengaja".

Dalam penyelidikan awal terhadap insiden itu, IDF mengatakan tembakan tersebut tidak ditargetkan terhadap sang aktivis, namun terhadap "penghasut utama" dari "kerusuhan dengan kekerasan" yang terjadi di Persimpangan Beita, yang diklaim menjadi lokasi warga Palestina membakar ban dan melemparkan batu ke arah pasukan Israel. Tidak disebutkan lebih lanjut nama tersangka penghasut yang dimaksud.

Gerakan Solidaritas Internasional (ISM), di mana Eygi menjadi sukarelawan, mengatakan bahwa aksi protes kelompoknya pada 6 September lalu di Tepi Barat berlangsung damai.

Dalam konferensi pers di London, pada Selasa (10/9), Blinken menyebut pembunuhan Eygi "tidak beralasan dan tidak bisa dibenarkan". Dia menuntut perubahan aturan keterlibatan pasukan Israel yang beroperasi di wilayah Tepi Barat.

"Tidak seorang pun, tidak seorang pun boleh ditembak dan dibunuh karena menghadiri aksi protes. Tidak seorang pun boleh mempertaruhkan nyawanya hanya karena mengutarakan pandangan mereka," tegas Blinken dalam pernyataannya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article