Israel Tangkap Warganya yang Direkrut Iran untuk Bunuh Netanyahu

1 week ago 6
ARTICLE AD BOX

Tel Aviv -

Dinas intelijen domestik Israel, Shin Bet, menangkap seorang warga negaranya, yang diduga telah direkrut oleh intelijen Iran, untuk merencanakan pembunuhan terhadap tokoh-tokoh terkemuka, termasuk Perdana Menteri (PM) Benjamin Netanyahu.

Penangkapan seorang warga negara Israel itu dilakukan oleh Shin Bet yang bekerja sama dengan Kepolisian Israel. Identitas warga negara Israel yang ditangkap itu tidak diungkap ke publik.

"Seorang warga negara Israel direkrut oleh intelijen Iran untuk mempromosikan pembunuhan terhadap tokoh-tokoh Israel," demikian pernyataan gabungan Kepolisian Israel dan Shin Bet, seperti dilansir AFP, Kamis (19/9/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dia diselundupkan dua kali ke Iran dan telah menerima pembayaran untuk melaksanakan misinya," imbuh pernyataan itu, tanpa menyebut besaran pembayaran yang diterima warga Israel itu.

Disebutkan lebih lanjut dalam pernyataan gabungan Kepolisian Israel dan Shin Bet tersebut bahwa selain Netanyahu, Menteri Pertahanan (Menhan) Yoav Gallant dan Direktur Shin Bet Ronen Bar, serta para pejabat top Israel lainnya juga menjadi target pembunuhan.

Kepolisian setempat menyebut warga negara Israel yang ditangkap itu merupakan "seorang pengusaha yang tinggal di Turki untuk waktu yang lama" dan diketahui menjaga hubungan erat dengan beberapa individu asal Turki dan Iran.

Laporan media lokal Israel menyebut pria yang ditangkap itu merupakan seorang warga Yahudi dari kota Ashkelon. Penangkapan itu, menurut laporan Reuters, dilakukan bulan lalu.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article