Jet Tempur Rusia Hilang Usai Luncurkan Rudal ke Ukraina

2 weeks ago 5
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Jet tempur Rusia, Su-30SM menghilang dari radar di atas Laut Hitam pada Selasa (10/9) malam waktu setempat. Ini menimbulkan kekhawatiran bahwa pesawat itu mungkin telah jatuh.

Menurut laporan dari saluran Telegram Crimean Wind, yang mengutip sumber-sumber media Rusia, dilansir Newsweek, Kamis (12/9/2024), jet tempur itu telah melakukan peluncuran rudal ke arah Ukraina sebelum menghilang.

Su-30SM, pesawat tempur multiperan, dilaporkan menembakkan empat rudal antiradiasi Kh-31P ke daratan Ukraina selama misinya tersebut.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jet tempur tersebut merupakan bagian dari operasi militer rutin ketika menghilang. Pesawat itu ditempatkan di lapangan terbang Krymsk di wilayah Krasnodar, Rusia, yang sering mengerahkan jet tempur untuk misi di dalam dan sekitar Laut Hitam, di tengah meningkatnya ketegangan militer di wilayah tersebut.

Setelah hilangnya pesawat itu, Armada Laut Hitam Rusia memulai operasi pencarian dan penyelamatan. Menurut Crimean Wind, sejumlah helikopter dari pangkalan udara Kacha, termasuk model Mi-8 dan Ka-27, segera dikirim untuk menemukan pesawat yang hilang itu.

Selama pencarian, tim dilaporkan mengidentifikasi tumpahan minyak yang signifikan dengan diameter sekitar 3 kilometer (1,86 mil) di area pencarian yang ditentukan. Selain itu, puing-puing yang diyakini berasal dari pesawat, termasuk sayapnya, dilaporkan ditemukan.

Meskipun ada temuan yang dilaporkan ini, pencarian bangkai pesawat sejauh ini belum berhasil, dan nasib pesawat beserta awaknya masih belum pasti.

Read Entire Article