Kisah Naturalisasi Sandy Walsh: Sempat Ribet Urus Dokumen

1 month ago 6
ARTICLE AD BOX

Bola.net - Sandy Walsh menjadi salah satu pemain andalan Timnas Indonesia. Pemain yang biasa berposisi di sektor bek kanan ini diprediksi akan memperkuat Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- pada laga kontra Arab Saudi.

Sejauh ini, Walsh sudah 12 kali tampil bersama Timnas Indonesia. Tak hanya menjaga benteng pertahanan Skuad Garuda, pemain berusia 29 tahun ini juga menyumbangkan satu gol.

Di balik cemerlangnya penampilan Walsh bersama Indonesia, ada kisah di balik prosesnya menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kisah ini diungkapkan salah seorang mantan pengurus PSSI, yang sempat ikut serta dalam proses naturalisasi Walsh, Hasani Abdulgani.

Menurut Hasani, dalam proses naturalisasi, pemerintah Indonesia mensyaratkan adanya surat pelepasan kewarganegaraan. Nah, Sandy merupakan pemain yang paling ngotot.

"Ia sempat datang ke Kedutaan Belanda di Belgia. Ditolak. Kedutaan Belanda itu memberitahukan kepada Sandy Walsh bahwa mereka tidak pernah mengeluarkan surat seperti ini dan tidak tahu surat seperti apa ini," ucap Hasani, dalam siniar di kanal Hasani's Corner.

"Nggak pernah ada mereka bilang. Sandy Walsh bingung. Akhirnya, ia berkomunikasi lagi dengan kami. Kami meeting di internal," sambungnya.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Read Entire Article