Komandan Angkatan Darat Israel Tiba-tiba Mundur, Kenapa?

3 weeks ago 8
ARTICLE AD BOX

Tel Aviv -

Komandan Angkatan Darat pada Angkatan Bersenjata Israel (IDF), Mayor Jenderal Tamir Yadai, tiba-tiba mengundurkan diri dari jabatannya. Pengunduran diri Yadai ini diajukan saat perang masih berkecamuk antara militer Tel Aviv dan kelompok Hamas di Jalur Gaza.

Seperti dilansir media lokal The Times of Israel dan Jerusalem Post, Rabu (4/9/2024), militer Israel mengumumkan bahwa Yadai akan mengundurkan diri dari jabatannya karena alasan pribadi, yang tidak disebutkan lebih lanjut.

Yadai telah menjabat sebagai Komandan Angkatan Darat Israel selama tiga tahun terakhir.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kepala Staf IDF Letnan Jenderal Herzi Halevi dan Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant, menurut militer Tel Aviv, telah menyetujui pengunduran diri Yadai.

Pengunduran diri Yadai diperkirakan akan berlaku secara efektif dalam beberapa pekan mendatang, setelah pejabat pengganti dirinya ditetapkan. Sejauh ini belum jelas siapa yang akan menggantikan Yadai.

Ditambahkan oleh militer Israel dalam pernyataannya bahwa Yadai akan cuti untuk sementara waktu, kemudian mengajukan pencalonan untuk "jabatan penting" dalam militer Tel Aviv.

Pengunduran diri Yadai ini diajukan saat Staf Umum IDF beberapa waktu terakhir berada dalam kondisi siaga tinggi karena perang yang berkecamuk di Jalur Gaza, juga adanya perundingan kesepakatan pertukaran sandera-tahanan, dan perubahan-perubahan lainnya yang diantisipasi oleh militer Israel.

Sosok Yadai dianggap sebagai calon Wakil Kepala Staf IDF di masa depan. Namun menurut penilaian, Wakil Kepala Staf IDF saat ini, Mayor Jenderal Amir Baram, belum akan menyelesaikan masa jabatannya dalam waktu dekat.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article