Korupsi, Eks Pejabat Asosiasi Sepak Bola China Dibui 11 Tahun

1 month ago 10
ARTICLE AD BOX

Beijing -

Pengadilan China menjatuhkan hukuman 11 tahun penjara terhadap seorang mantan pejabat tinggi pada asosiasi sepak bola setempat karena menerima suap. Ini menjadi kasus terbaru yang terungkap ke publik saat otoritas Beijing menindak tegas praktik korupsi di bidang olahraga.

Seperti dilansir AFP, Senin (19/8/2024), Li Yuyi yang merupakan mantan Wakil Presiden Asosiasi Sepak Bola China (CFA) dijatuhi hukuman 11 tahun penjara oleh pengadilan di Jingzhou, Provinsi Hubei, dalam sidang pada Senin (19/8) waktu setempat.

Dia juga dihukum denda sebesar US$ 140.000 (Rp 2,1 miliar).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tidak hanya itu, hakim pengadilan juga memerintahkan agar aset-aset yang diperoleh Li melalui tindak korupsi akan disita dan diserahkan kepada negara.

Pada Maret lalu, Li mengaku bersalah telah menggunakan jabatannya di CFA untuk mengumpulkan uang dan hadiah yang nilainya mencapai lebih dari US$ 1,7 juta (Rp 26,4 miliar) antara tahun 2004 hingga tahun 2021.

Li menjabat sebagai Wakil Presiden CFA periode tahun 2015 hingga tahun 2019. Sebelum itu, dia menjabat sebagai kepala administrasi olahraga kota Shanghai.

Di bawah kepemimpinan Presiden Xi Jinping, otoritas China telah menindak keras praktik korupsi di industri olahraga di negara tersebut, khususnya sepak bola.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article