Korut Tembakkan Rudal Balistik Jarak Pendek, Jatuh ke Laut Jepang

2 weeks ago 7
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Korea Utara (Korut) menembakkan sejumlah rudal balistik jarak pendek ke perairan timur semenanjung Korea hari ini. Hal itu terjadi setelah beberapa hari Korut dilaporkan memperingati hari jadi negara itu.

Dilansir AFP, Kamis (12/9/2024), Kepala Staf Gabungan Seoul mengatakan pihaknya telah mendeteksi beberapa "rudal balistik jarak pendek yang diluncurkan ke Laut Timur sekitar pukul 07:10 dari Pyongyang hari ini (Rabu 22.10 GMT)," mengacu pada perairan yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.

Dikatakan pihaknya sedang menganalisis rincian peluncuran tersebut dan "berbagi informasi mengenai rudal balistik Korea Utara dengan pihak berwenang AS dan Jepang, sambil memperkuat pengawasan dan kewaspadaan dalam persiapan untuk peluncuran lebih lanjut".

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Respons Pemerintah Jepang

Kementerian Pertahanan Jepang juga mengkonfirmasi peluncuran setidaknya satu rudal balistik Korea Utara. Pemerintah Jepang juga memperingatkan penjaga pantai dan kapal-kapal untuk berhati-hati.

Ini adalah uji coba senjata pertama yang dilakukan Pyongyang sejak 1 Juli, dan terjadi beberapa hari setelah negara terisolasi dan bersenjata nuklir itu merayakan ulang tahun penting berdirinya rezim yang berkuasa.

Diketahui, Korea Utara secara teratur meluncurkan rudal sekitar tanggal 9 September, hari pendiriannya, termasuk melakukan uji coba nuklir kelima pada hari yang sama pada tahun 2016.

Uji coba nuklir keenam di negara itu dilakukan pada 3 September 2017.

Pada pidatonya untuk memperingati 76 tahun berdirinya negara tersebut minggu ini, pemimpin Kim Jong Un mengatakan negaranya sedang bergerak untuk terus meningkatkan persenjataan nuklirnya.

"Korea Utara akan terus memperkuat kekuatan nuklirnya yang mampu sepenuhnya mengatasi setiap tindakan ancaman yang dilakukan oleh negara-negara saingannya yang mempunyai senjata nuklir," kata Kim Jong Un kala itu.

(zap/yld)

Read Entire Article