Malaysia Setop Pencarian Turis Hilang di Sinkhole Kuala Lumpur

4 weeks ago 26
ARTICLE AD BOX

Kuala Lumpur -

Pencarian turis India yang hilang setelah jatuh dalam lubang yang muncul mendadak atau sinkhole di Jalan Masjid India akan dihentikan. Pihak berwenang menganggap operasi penyelamatan terlalu berbahaya untuk dilanjutkan.

Dilansir Channel News Asia, Minggu (1/9/2024), Menteri Wilayah Federal Zaliha Mustafa mengatakan keputusan itu dibuat setelah para ahli termasuk dari kepolisian, pemadam kebakaran dan departemen penyelamatan, departemen geologi dan perusahaan pembuangan limbah nasional berkonsultasi dengan Kabinet terkait temuan mereka.

"Setelah mempertimbangkan semua pendapat ahli, kami telah memutuskan bahwa kami akan menghentikan operasi pencarian dan penyelamatan hari ini," kata Zaliha di lokasi kejadian pada Sabtu (31/8).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menyebut operasi pencarian dihentikan untuk 'keselamatan' tim penyelamat dan daerah sekitarnya. Para penyelamat telah mengidentifikasi 'objek' di pipa pembuangan limbah, tetapi tidak dapat menentukan apakah itu korban. Dia mencatat kondisi yang melibatkan air dengan aliran deras telah membuat operasi itu berbahaya.

"Kita tidak bisa mengabaikan keselamatan publik dan keselamatan wisatawan yang berjalan di sepanjang Jalan Masjid India. Ini adalah salah satu alasan mengapa kita menghentikan pencarian dan penyelamatan," ucapnya.

Zaliha mengatakan Kepolisian Kerajaan Malaysia akan menangani pencarian dan penyelamatan, sementara Balai Kota Kuala Lumpur (DBKL) akan melakukan 'pemetaan utilitas' dan memulai audit integritas struktural di seluruh Kuala Lumpur.

"Kami juga akan meminta DBKL untuk memulai pemulihan dan rekonstruksi di area tersebut dan memasang penghalang untuk mencegah orang masuk," katanya.

The Star melaporkan pada Jumat (30/8) bahwa pihak berwenang telah menghentikan upaya pencarian dan penyelamatan di area lubang amblas di Jalan Masjid India, tetapi akan terus menyisir instalasi pengolahan Pantai Dalam tempat pembuangan limbah berakhir 7 km dari lokasi kejadian.

Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mengatakan keputusan ini dibuat setelah temuannya menunjukkan terlalu berisiko untuk melanjutkan upaya penyelamatan menggunakan metode selam skuba. Pihak berwenang sebelumnya mengatakan pencarian turis berusia 48 tahun, yang diidentifikasi oleh media lokal sebagai Vijaya Lakshmi, akan terus berlanjut hingga dia ditemukan.

Dia dilaporkan sedang berlibur selama 2 bulan bersama keluarganya dan akan kembali ke rumah sebelum jatuh ke sinkhole sedalam 8 meter di Jalan Masjid India pada pagi hari tanggal 23 Agustus. Pihak berwenang menyebut sebagian dari saluran pembuangan beton besar di dasar lubang amblas dan pecah sehingga Lakshmi mungkin telah jatuh dan hanyut.

Hujan lebat baru-baru ini di Kuala Lumpur, telah menyebabkan arus deras di saluran pembuangan dan mempersulit upaya penyelam menyisir pipa-pipa besar ini. Puing-puing yang membandel di dalam pipa juga menghalangi tubuh Lakshmi hanyut sampai ke pabrik pengolahan, tempat layar logam dipasang untuk menangkap benda-benda besar.

Tim penyelamat telah menggunakan perayap kamera dan radar penembus tanah untuk mencari Lakshmi dan telah mencoba menggunakan jet air bertekanan tinggi untuk memotong puing-puing di saluran pembuangan sebelum membuangnya, tetapi korban masih hilang selama seminggu.

Zaliha mengatakan dia telah membahas dengan Komisaris Tinggi India untuk Malaysia BN Reddy tentang keputusan menghentikan upaya penyelamatan, menambahkan bahwa dia telah berterima kasih kepada Malaysia atas upayanya dan memahami keputusan tersebut.

"Insyaallah mereka akan membantu kami bersama anggota keluarga untuk menjelaskan keputusan kami," katanya, menambahkan bahwa setiap kompensasi potensial untuk keluarga akan 'dibahas'.

Perdana Menteri Anwar Ibrahim maupun Wali Kota Kuala Lumpur mengatakan ibu kota tetap aman, meskipun toko-toko di area Masjid India mengatakan bisnis telah menurun drastis karena penduduk lokal dan wisatawan menjauh. Anwar mengatakan studi geoteknik telah menetapkan penyebab insiden tersebut dan menemukan bahwa itu aman, seraya menambahkan bahwa setiap area yang dianggap berisiko berubah menjadi lubang pembuangan harus segera ditangani.

"Kuala Lumpur secara umum aman. Kami juga telah berdiskusi dengan pihak-pihak yang memiliki lebih banyak keahlian daripada kami, dan mungkin setelah ini departemen geologi akan memberikan informasi lebih lanjut tentang keamanan struktural Kuala Lumpur," ujar Zaliha.

Para ahli mengatakan bahwa lubang pembuangan dapat disebabkan oleh pemompaan air tanah yang berlebihan selama pekerjaan konstruksi bawah tanah; pipa atau saluran pembuangan yang rusak di mana air yang bocor dapat mengikis tanah di bawah permukaan; atau kegiatan pertambangan di mana rongga besar dapat runtuh.

Di Kuala Lumpur, di mana batu kapur berada di bawah tanah, air dari curah hujan dapat terkumpul di celah-celah batu kapur dan menyebabkan erosi. Saat batu kapur larut dan terbawa, retakan melebar hingga tanah di atasnya menjadi tidak stabil dan runtuh.

(haf/imk)

Read Entire Article