Memanas! Pertempuran Hizbullah Lawan Israel Masuki Fase baru

1 week ago 5
ARTICLE AD BOX

Beirut -

Wakil pemimpin Hizbullah, Naim Qassem, mengungkapkan kelompoknya sedang dalam "fase baru" pertempuran melawan Israel, yang berlangsung di sepanjang perbatasan Lebanon dan Israel sejak perang Gaza meletus pada Oktober tahun lalu.

Qassem, dalam pernyataannya seperti dilansir AFP dan Al Arabiya, Senin (23/9/2024), menegaskan ancaman tidak akan menghentikan kelompok Hizbullah, yang didukung Iran dan bermarkas di Lebanon bagian selatan.

"Kita telah memasuki fase baru, yaitu perhitungan terbuka (dengan Israel)," sebut Qassem saat berbicara dalam seremoni pemakaman komandan senior Hizbullah yang tewas dalam serangan Israel pada Jumat (20/9).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Ancaman tidak akan menghentikan kita... Kita siap menghadapi semua kemungkinan militer," tegasnya.

Komentar Qassem itu menjadi komentar pertama dari pejabat senior Hizbullah sejak serangan udara Israel mengguncang area pinggiran selatan Beirut, yang diketahui merupakan markas kuat Hizbullah, pada Jumat (20/9) waktu setempat.

Salah satu komandan senior Hizbullah bernama Ibrahim Aqil, yang menjabat sebagai komandan unit elite Radwan, tewas bersama belasan komandan lainnya dalam serangan udara yang menghantam gedung yang menjadi tempat pertemuan mereka.

Aqil juga merupakan anggota badan militer tertinggi Hizbullah, Dewan Jihad. Dia menjadi anggota kedua Dewan Jihad yang terbunuh dalam serangan Israel, setelah Fuad Shukr yang tewas dalam serangan Tel Aviv pada Juli lalu.

Kementerian Kesehatan Lebanon melaporkan sedikitnya 45 orang, termasuk warga sipil, tewas dalam gempuran Tel Aviv itu. Sebanyak 16 korban tewas di antaranya disebut sebagai anggota Hizbullah.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article