Netanyahu Sebut Hamas Tolak Perundingan Gencatan Senjata Gaza

3 weeks ago 4
ARTICLE AD BOX

Tel Aviv -

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu menyebut kelompok Hamas telah menolak semua elemen proposal gencatan senjata di Jalur Gaza, yang akan memfasilitasi pembebasan para sandera. Netanyahu menuduh Hamas enggan memulai perundingan baru membahas gencatan senjata tersebut.

"Hamas telah menolak semuanya... Saya berharap ada perubahan karena saya ingin para sandera itu dibebaskan," ucap Netanyahu dalam konferensi pers pada Rabu (4/9), yang memicu keraguan untuk potensi kesepakatan gencatan senjata, seperti dilansir Kamis (5/9/2024).

Pernyataan Netanyahu disampaikan sehari setelah Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan sudah "saatnya melakukan finalisasi kesepakatan itu".

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kami berusaha mencari beberapa ruang untuk memulai perundingan," tuturnya.

"Mereka (Hamas-red) menolak untuk melakukan itu... Mereka mengatakan tidak ada yang perlu dibicarakan," imbuh Netanyahu.

Netanyahu mendapat tekanan tambahan dari dalam negeri dan luar negeri untuk mencapai kesepakatan yang mengatur pembebasan para sandera yang masih ditahan di Jalur Gaza, setelah otoritas Israel mengumumkan kematian enam sandera yang jenazahnya ditemukan di terowongan bawah tanah.

Pada Senin (2/9) waktu setempat, Netanyahu menegaskan pasukan Tel Aviv akan mempertahankan kendali atas Koridor Philadelphi yang ada di sepanjang perbatasan Gaza-Mesir. Dia juga bersumpah "tidak akan menyerah pada tekanan" atas masalah tersebut.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article