Pager Hizbullah Meledak, Garda Revolusi Iran Larang Perangkat Komunikasi

1 week ago 12
ARTICLE AD BOX

Teheran -

Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) memerintahkan seluruh anggotanya untuk berhenti menggunakan segala jenis perangkat komunikasi, setelah ribuan unit pager atau penyeranta dan walkie-talkie yang digunakan Hizbullah meledak massal di Lebanon.

Seperti dilansir Reuters dan Al Arabiya, Senin (23/9/2024), dua pejabat keamanan senior Iran, yang enggan disebut namanya, mengungkapkan bahwa operasi skala besar sedang dilakukan oleh IRGC untuk memeriksa semua perangkat, tidak hanya peralatan komunikasi.

Salah satu pejabat keamanan itu menyebut sebagian besar perangkat yang diperiksa itu merupakan buatan domestik Teheran atau diimpor dari China dan Rusia.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dituturkan pejabat keamanan senior itu bahwa Iran khawatir dengan penyusupan yang dilakukan oleh agen-agen Israel, termasuk warga negara Iran yang digaji oleh Tel Aviv dan penyelidikan menyeluruh terhadap personel itu telah dimulai, menargetkan anggota IRGC level menengah dan level tinggi.

"Hal ini mencakup pemeriksaan terhadap rekening bank mereka, baik di Iran maupun di luar negeri, serta riwayat perjalanan mereka dan keluarga mereka," sebut sumber-sumber pejabat keamanan senior Iran yang dikutip Reuters tersebut.

Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri Iran belum memberikan tanggapan atas laporan ini.

Dalam serangan terkoordinasi, ribuan perangkat pager yang digunakan banyak anggota Hizbullah meledak serentak pada Selasa (17/9) waktu setempat di berbagai wilayah Lebanon yang menjadi markas kelompok yang didukung Iran tersebut.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Read Entire Article