Pasukan Ukraina Serbu Rusia, Putin Marah: Provokasi Skala Besar!

1 month ago 13
ARTICLE AD BOX

Moskow -

Pasukan Ukraina melancarkan penyerbuan terhadap wilayah Rusia dalam beberapa hari terakhir, yang membuat marah Presiden Vladimir Putin. Otoritas Kyiv untuk pertama kalinya secara publik telah membenarkan serangan yang dilancarkannya terhadap wilayah Rusia, tepatnya di dalam wilayah Kursk.

Sejumlah laporan yang beredar, seperti dilansir The Guardian dan Reuters, Jumat (9/8/2024) menyebut pasukan militer Ukraina bergerak masuk ke wilayah Rusia, menuju ke sebuah desa yang berjarak sejauh 20 kilometer di dalam wilayah Kursk.

Laporan Reuters yang mengutip sejumlah pejabat Rusia menyebut sekitar 1.000 tentara Ukraina menyerbu perbatasan Rusia pada Selasa (6/8) dini hari, dengan melibatkan tank dan kendaraan lapis baja, yang dilindungi oleh kawanan drone dan tembakan artileri tanpa henti.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penyerbuan itu, menurut Reuters, tercatat sebagai salah satu serangan terbesar Ukraina terhadap Rusia sejak perang dimulai pada Februari 2022.

Pertempuran sengit dilaporkan sedang berlangsung di dekat kota Sudzha, yang menjadi lokasi gas alam Rusia mengalir ke Ukraina. Hal ini meningkatkan kekhawatiran tentang kemungkinan terhentinya arus transit ke Eropa secara tiba-tiba.

Pemerintah maupun militer Ukraina belum secara resmi mengaku bertanggung jawab atas penyerbuan tersebut. Namun penasihat senior pada kantor kepresidenan Ukraina, Mykhailo Podolyak, menyebut Rusia harus disalahkan atas penyerbuan itu.

Podolyak dalam pernyataannya menyebut "akar penyebab eskalasi" termasuk ke Kursk adalah "agresi keras" dari pihak Rusia, yang meyakini mereka bisa menyerang Ukraina tanpa mendapat hukuman.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Read Entire Article