Paus Fransiskus Kecam Kematian Anak-anak Gaza Akibat Pengeboman Israel

2 weeks ago 5
ARTICLE AD BOX

Roma -

Paus Fransiskus mengecam kematian anak-anak Palestina dalam serangan militer Israel di Jalur Gaza. Pemimpin Gereja Katolik sedunia itu menyebut pengeboman sekolah, yang didasarkan atas "dugaan" terhadap militan Hamas, merupakan tindakan yang "buruk".

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Sabtu (14/9/2024), kecaman itu disampaikan Paus Fransiskus saat menggelar konferensi pers dalam penerbangan kembali ke Roma setelah menuntaskan kunjungan selama 12 hari di kawasan Asia-Pasifik, termasuk ke Indonesia.

Dia mengatakan bahwa dirinya "setiap hari" berbicara melalui telepon dengan anggota paroki Katolik di Jalur Gaza dan "mereka memberitahu saya hal-hal buruk, hal-hal sulit". Disebutkan Paus Fransiskus bahwa sekitar 600 orang, baik Kristen maupun Muslim, berlindung di area paroki Gereja Katolik di Jalur Gaza.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mereka memberitahu saya hal-hal yang mengerikan, hal-hal yang sulit. Saya tidak bisa menilai apakah aksi perang ini terlalu berdarah atau tidak," ucapnya.

"Tapi tolong, ketika Anda melihat mayat anak-anak yang terbunuh, ketika Anda melihat bahwa, dengan dugaan bahwa ada beberapa gerilyawan di sana, sebuah sekolah dibom, ini sangat buruk," ujar Paus Fransiskus saat berbicara kepada wartawan yang mendampingi di dalam pesawat.

"Itu sangat buruk," imbuhnya.

Paus Fransiskus, dalam pernyataannya juga menyampaikan keraguannya apakah Israel maupun Hamas, yang berperang selama 11 bulan terakhir, benar-benar berupaya mengakhiri konflik.

"Maaf saya harus mengatakan ini. Tetapi menurut saya, mereka tidak mengambil langkah-langkah untuk mewujudkan perdamaian," ucapnya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article