Paus Fransiskus: Sumber Daya Alam Harus Menguntungkan Seluruh Komunitas

3 weeks ago 9
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Paus Fransiskus mengatakan kepada para pemimpin Papua Nugini bahwa sumber daya alam yang melimpah harus menguntungkan "seluruh komunitas". Seruan bermuatan politis ini disampaikan Paus dalam kunjungannya ke negara itu usai lawatan ke Indonesia.

Diketahui bahwa Papua Nugini memiliki cadangan emas, tembaga, nikel, gas alam, dan kayu yang sangat besar, yang telah menarik banyak perusahaan multinasional untuk berinvestasi.

Namun, di negara tersebut, sekitar satu dari empat orang hidup di bawah garis kemiskinan, dan hanya lebih dari 10 persen rumah yang memiliki listrik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Barang-barang ini ditakdirkan oleh Tuhan untuk seluruh komunitas," kata Paus kepada para politisi, diplomat, dan pemimpin bisnis pada hari Sabtu (7/9), hari pertama kunjungannya ke negara Pasifik Selatan tersebut, dilansir kantor berita AFP, Sabtu (7/9/2024).

Paus berusia 87 tahun itu sedang melakukan kunjungan maraton 12 hari ke Asia-Pasifik, menekankan tekadnya untuk mempromosikan dialog antaragama.

Paus mengatakan bahwa bahkan jika "para ahli luar dan perusahaan internasional besar harus terlibat dalam pemanfaatan sumber daya ini" mereka seharusnya tidak menjadi satu-satunya yang diuntungkan.

"Sudah sepantasnya kebutuhan masyarakat setempat dipertimbangkan ketika mendistribusikan hasil dan mempekerjakan pekerja, untuk meningkatkan kondisi hidup mereka," katanya.

Read Entire Article