Plus Minus Absennya Elkan Baggott di Timnas Indonesia: Kekuatan Berkurang, Tantangan Bagi Shin Tae-yong

1 month ago 5
ARTICLE AD BOX

Bola.net - Elkan Baggott hampir bisa dipastikan takkan dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia untuk dua laga September 2024 mendatang. Ada plus dan minus dari keputusan Coach STY ini.

Timnas Indonesia bakal melakoni dua laga awal dari putaran ketiga Kualfikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, masing-masing melawan Arab Saudi dan Australia.

Untuk melawat ke kandang Arab Saudi, Shin Tae-yong berencana memboyong memanggil 26 pemain tanpa ada nama Elkan Baggott.

Pengamat sepak bola nasional, Kesit Budi Handoyo mengatakan ada dua hal penting yang muncul dari keengganan Shin Tae Yong memanggil Elkan Bagot. Kesit menilai absennya Elkan Baggott akan menjadi sebuah kerugian karena peran Elkan Baggott di pertandingan sebelumnya sangatlah penting.

1 dari 3 halaman

Kerugian untuk Timnas Indonesia

Kerugian untuk Timnas Indonesia

Elkan Baggott bermain untuk Blackpool musim 2024/2025 (c) Blackpool Official

Kehadiran Elkan Baggott masih kata Kesit jika dilihat dari sisi non teknisnya akan membuat lawan-lawan Indonesia sedikitnya kena mental karena pemain belakangnya mempunyai reputasi bagus di Liga Inggris.

"Terkait tidak dipanggilnya Elkan Baggott tentu ini menjadi sebuah kerugian karena perannya Elkan Baggott di klub Liga Inggris sebenarnya progresnya sangat bagus begitu pun di pertandingan-pertandingan sebelumnya bersama Timnas Indonesia," kata Kesit Budi Handoyo kepada Bola.com, Senin pagi (26/8/2024).

"Setidaknya kalau ada Elkan Baggott, dari sisi non teknisnya, lawan akan melihat, oh Indonesia punya pemain belakang yang bermain di Liga Inggris. Ini kan bisa menjadi tambahan moral untuk Timnas Indonesia sehingga lawan akan semakin memperhitungkan Indonesia," tambahnya.

2 dari 3 halaman

Hak Pelatih

Hak Pelatih

Ekspresi pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 versus Filipina, Selasa (11/6/2024). (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Namun, Kesit menegaskan nasi sudah menjadi bubur, apalagi pelatih Shin Tae-yong sendiri sudah memastikan bahwa Elkan Baggott tidak masuk dalam skuadnya kali ini.

"Terlepas dari persoalan non teknis saya pikir itu adalah haknya pelatih. Yang penting, Shin Tae-yong harus benar-benar menyiapkan pemain pengganti yang akan menempati posisi yang sama dengan Elkan Baggott," ujarnya.

Selain itu, Kesit juga menyebut Shin Tae-yong harus benar-benar menyiapkan timnya di sisa waktu yang ada agar publik percaya bahwa semua pemain yang dibawanya bisa memberikan yang terbaik di laga berat melawan Arab Saudi dan Australia.

Indonesia akan menghadapi Arab Saudi pada 6 September dan menjamu Australia pada 10 September.

"Diharapkan menyiapkan tim sebaik mungkin, dan uji coba yang betul-betul harus dilakukan dengan tim yang levelnya di atas kita. Saya kira sudah menjadi kewajiban ya PSSI menyediakan lawan yang bermutu untuk Timnas Indonesia sebelum akhirnya mereka melawan Arab Saudi dan Australia," Kesit Budi Handoyo mengakhiri pembicaraan.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Jadwal Timnas Indonesia

Starting XI Timnas Indonesia saat lawan Filipina di SUGBK, Selasa (11/06/2024). (c) Bola.net/M. Iqbal Ichsan

Berikut jadwal Jadwal Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

  • 6 September 2024 - Arab Saudi vs Indonesia
  • 10 September 2024 - Indonesia vs Australia
  • 10 Oktober 2024 - Bahrain vs Indonesia
  • 15 Oktober 2024 - China vs Indonesia
  • 14 November 2024 - Indonesia vs Jepang
  • 19 November 2024 - Indonesia vs Arab Saudi
  • 20 Maret 2025 - Australia vs Indonesia
  • 25 Maret 2025 - Indonesia vs Bahrain
  • 5 Juni 2025 - Indonesia vs China
  • 10 Juni 2025 - Jepang vs Indonesia.

Disadur dari: Bola.com (Nandang Permana, Gregah Nurikhsani) 26 Agustus 2024

Read Entire Article