Profil Rizki Juniansyah, Atlet Angkat Besi Indonesia yang Raih Medali Emas Olimpiade Paris 2024

1 month ago 15
ARTICLE AD BOX

Bola.net - Indonesia berhasil mendapatkan emas kedua di Olimpiade Paris 2024. Adalah Rizki Juniansyah, lifter muda 21 tahun yang mempersembahkan medali emas di cabor weightlifting kelas 73 kg.

Jumat 9 Agustus 2024 dini hari WIB, dipertandingkan laga angkat besi kelas 73 kg. Rizki Juniansyah jadi unggulan di nomor ini, mengingat kiprahnya di beberapa kompetisi sebelumnya terbukti menjanjikan.

Meski begitu, laga tidak berjalan mudah. Rizki sempat kesulitan di fase Snatch, kalah dari atlet China yang lebih baik. Untungnya, dia bangkit di fase clean and jerk yang memang jadi keunggulannya.

1 dari 2 halaman

Rizki Juniansyah Raih Medali Emas

Di fase snatch, Rizki Juniansyah mencatatkan angkatan 155 kg. Dia sempat mencoba naik ke 162 kg, tapi gagal. Rizki harus puas dengan angkatan 155 kg.

Angkatan ini membuatnya berada di peringkat kedua sementara. Ia berhasil mengangkat beban yang sama dengan Luis Mosquera (Kolombia) dan kalah dari lifer China, Shi Zhiyong yang berhasil mengangkat beban 165kg.

Lalu, di fase clean and jerk, Rizki tidak lagi terbendung. Di angkatan pertama, dia mencapai beban 191 kg. Di angkatan kedua, dia mencapai beban 199 kg, meski sempat sedikit kesulitan.

Di angkatan ketiga, Rizki tidak mencoba untuk mengangkat. Namun dengan total angkatan 354kg, Rizki menjadi yang terbaik dan meraih medali emas.

2 dari 2 halaman

Profil Rizki Juniansyah

Rizki Juniansyah baru berusia 21 tahun. Dia kelahiran Kota Serang, Banten, Indonesia pada tanggal 17 Juni 2003 lalu.

Rizki adalah seorang juara dunia junior 2021 dan 2022 di kelas 73 kg putra. Dia sebelumnya sudah memegang rekor dunia junior di angkatan snatch, juga memegang rekor SEA Games di kelas 73 kg putra.

Karier Rizki sempat mandek sejenak karena harus istirahat usai menjalani operasi usus buntu. Namun, dia langsung bangkit di tahun 2024 ini dan meraih 2 medali emas dan 1 medali perak di kelas pria 73 kg Piala Dunia 2024 Phuket.

Rizki juga membungkus 3 medali perak di Asian Championships 2024 Tashkent, masing-masign untuk fase snatch, clean and jerk, dan total.

Kini, Rizki berhasil meraih medali emas di Olimpiade Paris 2024. Dia adalah atlet kedua Indonesia yang memberikan medali emas di Olimpiade kali ini, menyusul Veddriq Leonardo yang sebelumnya meraih medali emas di cabor speed climbing.

Read Entire Article