Rizki Juniansyah Raih Emas Pertama Angkat Besi Indonesia di Olimpiade, Sebut untuk Hadiah HUT RI Ke-79

1 month ago 11
ARTICLE AD BOX
Rizki Juniansyah Raih Emas Pertama Angkat Besi Indonesia di Olimpiade, Sebut untuk Hadiah HUT RI Ke-79

Atlet angkat besi putra Indonesia, Rizki Juniansyah, meraih medali emas kelas 73 kg Olimpiade Paris 2024. (c) AP Photo/Kin Cheung

Bola.net - Atlet angkat besi putra Indonesia, Rizki Juniansyah, mengaku mempersembahkan medali emas yang ia raih di kelas 73 kg putra Olimpiade Paris 2024 sebagai hadiah ulang tahun Republik Indonesia yang ke-79 pada 17 Agustus mendatang. Ia pun sangat bersyukur atas torehan ini.

Rizki mengawali kompetisi dengan angkatan snatch 155kg, dan ini membuatnya tertinggal 10 kg dari lifter China, Shi Zhiyong, dan 1 kg di belakang lifter Venezuela, Julio Mayora Pernia, setelah fase pertama kompetisi. Namun, Shi dan Mayora Pernia gagal mencatatkan kemenangan di bagian clean and jerk.

Hal itu membuat juara dunia tiga kali dan peraih medali emas bertahan Shi tersingkir dari pertimbangan medali bersama Mayora Pernia. Dengan tersingkirnya kedua rival besar tersebut, Rizki berkesempatan besar meraih medali emas. Ia menyelesaikan angkatan pertamanya dengan berat 191 kg.

Lifter asal Banten ini kemudian menambah beban menjadi 199 kg pada percobaan kedua dan berhasil diselesaikan dengan gemilang. Beban angkatan Rizki tersebut sekaligus memecahkan rekor angkatan clean and jerk Olimpiade. Tak hanya itu, Rizki meraih kemenangan dan menyabet medali emas.

Read Entire Article