Serangan AS Tewaskan Pemimpin Senior Kelompok Militan di Suriah

1 month ago 24
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Pasukan Amerika Serikat (AS) menewaskan seorang pemimpin senior kelompok militan yang berafiliasi dengan Al-Qaeda dalam sebuah serangan di Suriah pada hari Jumat (23/8) waktu setempat.

Serangan tersebut menargetkan Abu Abdul Rahman al-Makki, yang merupakan "anggota Dewan Syura Hurras al-Din dan pemimpin senior yang bertanggung jawab untuk mengawasi operasi teroris dari Suriah," kata Komando Pusat Amerika Serikat (CENTCOM) dalam sebuah unggahan di media sosial, dilansir kantor berita AFP, Sabtu (24/8/2024).

"Hurras al-Din adalah pasukan yang berafiliasi dengan Al-Qaeda yang bermarkas di Suriah yang memiliki aspirasi global yang sama dengan Al-Qaeda untuk melakukan serangan terhadap kepentingan AS dan Barat," kata CENTCOM.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kelompok pemantau perang, Syrian Observatory for Human Rights sebelumnya mengatakan bahwa serangan drone terhadap sepeda motor di pedesaan Idlib telah menewaskan Makki, yang katanya adalah warga negara Saudi.

Militer AS memiliki sekitar 900 tentara di Suriah sebagai bagian dari koalisi internasional melawan kelompok ISIS. Koalisi tersebut dibentuk pada tahun 2014 untuk membantu memerangi para militan ISIS, yang telah menguasai sebagian besar wilayah Irak dan Suriah.

Pasukan Amerika secara berkala melakukan serangan di Suriah yang menargetkan militan dari ISIS -- yang kini telah kehilangan wilayah yang pernah dikuasainya -- dan kelompok-kelompok ekstremis lain yang dianggap menimbulkan ancaman.

(ita/ita)

Read Entire Article