Soal Hukuman Komdis ke PSS Sleman, SOS Minta Erick Thohir Turun Tangan

1 month ago 12
ARTICLE AD BOX

Bola.net - Save Our Soccer (SOS) memberi tanggapan keras soal sanksi hukuman yang dijatuhkan Komite Disiplin PSSI kepada PSS Sleman, dalam kasus pengaturan pertandingan Liga 2 pada 2018 lalu. Lembaga yang fokus dalam perbaikan tata kelola sepak bola Indonesia tersebut berharap agar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, turun tangan meluruskan polemik ini.

"Ketua Umum PSSI harus mengambil sikap untuk meminta Peninjauan Kembali (PK) terhadap keputusan Komdis yang ngawur dan manipulatif. Ini preseden buruk dan merusak citra PSSI," kata Koordinator SOS, Akmal Marhali.

"Efeknya ke depan akan sangat buruk bila dibiarkan. Hal ini bisa menjadi yurisprudensi hukum apabila kasus serupa terjadi pada kemudian hari," sambungnya.

Sebelumnya, pada 6 Agustus 2024 lalu, Komite Disiplin PSSI menjatuhkan sanksi kepada PSS Sleman atas kasus pengaturan pertandingan yang terjadi di Liga 2 musim 2018 lalu. Super Elja, julukan PSS Sleman, disanksi mendapat pengurangan poin sebanyak tiga poin dan denda sebesar Rp150 juta. Sanksi ini dituangkan Komdis dalam surat keputusan bernomor 001/SK/KD-PSSI/VIII/2024.

Menurut SOS, keputusan Komdis PSSI, yang dipimpin Eko Hendro Prasetyo, ini sama sekali tak tepat. Pasalnya, mereka menggunakan dasar yang salah dalam mengambil keputusan tersebut.

Dalam Kode Disiplin PSSI, kasus pengaturan skor sangat gamblang dijelaskan di pasal 64 ayat 1 sampai 5. Namun, Komdis hanya menggunakan ayat 1 sampai 3 dalam amar putusannya. Padahal pasal tersebut menjelaskan tentang kasus yang melibatkan perorangan: pemain, wasit, dan ofisial. Sementara ayat 5 yang terkait klub yang melakukan pengaturan skor tidak disertakan dalam amar putusan.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Read Entire Article