Surat PSSI Baru Masuk, Menpora Siapkan Rekomendasi Naturalisasi Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk Timnas Indonesia

3 weeks ago 8
ARTICLE AD BOX

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo telah menerima surat dari PSSI terkait naturalisasi dua pemain untuk Timnas Indonesia. Keduanya yaitu Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir telah bersalaman dengan Hilgers dan Eliano. Tandanya, keduanya bakal dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Hilgers adalah incaran lama PSSI yang ditaksir sejak 2021. Sementara Eliano yaitu adik dari Tijjani Reijnders, gelandang AC Milan dan Belanda.

"Surat PSSI baru masuk. Sedang kami siapkan rekomendasi," ujar Menpora.

1 dari 1 halaman

Alur Naturalisasi

Alur Naturalisasi

Mees Hilgers (c) FC Twente Official

Alur naturalisasi yang perlu dilewati Hilgers dan Eliano usai rekomendasi Kemenpora adalah ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Sekretariat Negara (Setneg), BIN, Setneg, lalu Presiden.

Kemudian DPR, Sidang DPR di Komisi III, X, dan Sidang Paripurna, Surat Keputusan Presiden (Keppres), baru diambil sumbah kewarganegaraan di Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham.

Kemungkinan naturalisasi Hilgers dan Eliano akan dibahas oleh DPR periode 2024-2029 yang bakal dilantik pada Oktober 2004. Pasalnya, Menpora telah melakukan rapat kerja terakhir dengan DPR periode 2019-2024.

Apabila naturalisasinya dapat dipercepat, ada peluang Hilgers dan Eliano masuk skuad Timnas Indonesia untuk dua pertandingan Putaran Ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada November 2024.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Read Entire Article