Tangkal Ancaman Korut, Korsel-AS Latihan Militer Bersama

1 month ago 15
ARTICLE AD BOX

Seoul -

Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) mulai menggelar latihan militer tahunan pada Senin (19/8) waktu setempat. Latihan militer pada musim panas tahun ini bertujuan meningkatkan kesiapan kedua negara yang bersekutu itu dalam menangkal ancaman senjata dan siber Korea Utara (Korut).

Seperti dilansir Reuters, Senin (19/8/2024), latihan militer gabungan bernama Ulchi Freedom Shield yang akan berakhir pada 29 Agustus mendatang itu, digelar ketika Korut berupaya memajukan program nuklir dan rudal mereka, serta mencoba meluncurkan satelit mata-mata.

Pernyataan yang dirilis militer Korsel dan AS menyebut latihan gabungan itu akan mencerminkan "ancaman realistis" di semua domain, termasuk ancaman rudal Korut juga gangguan GPS, serangan siber, dan sejumlah pembelajaran lainnya dari insiden baru-baru ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dituturkan sejumlah pejabat setempat bahwa Korsel secara terpisah akan menggelar latihan pertahanan sipil Ulchi yang dipimpin pemerintah secara serentak, berdasarkan skenario serangan nuklir oleh Korut.

Presiden Korsel Yoon Suk Yeol, saat berbicara dalam rapat kabinet, mendesak sikap kesiapan menyeluruh terhadap Korut, dan menyebut negara tetangganya itu sebagai "negara paling ceroboh dan tidak rasional di dunia".

"Seperti yang terlihat di Ukraina dan konflik di Timur Tengah, perang bisa pecah kapan saja," kata Presiden Yoon.

"Sifat perang juga telah berubah dari masa sebelumnya, dilakukan dalam bentuk hybrid yang menggabungkan perang biasa, perang tidak teratur, dan perang siber, dan bahkan perang opini publik dan perang psikologis dengan menggunakan berita palsu," cetusnya.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article