Tangkal AS, Korut Kerahkan 250 Sistem Rudal Nuklir ke Garis Depan

1 month ago 16
ARTICLE AD BOX

Pyongyang -

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un mengawasi langsung pengerahan 250 sistem rudal balistik taktis terbaru, yang berkemampuan nuklir, ke pasukan militer Pyongyang yang bertugas di garis depan. Kim Jong Un menyerukan perluasan program nuklir militer Korut untuk melawan ancaman Amerika Serikat (AS).

Seperti dilansir Reuters dan Associated Press, Senin (5/8/2024), seremoni pengerahan sistem rudal terbaru Korut itu digelar pada Minggu (4/8) waktu setempat, saat kekhawatiran semakin meningkat terhadap program nuklir Pyongyang.

Beberapa waktu terakhir, Kim Jong Un menunjukkan niat mengerahkan senjata nuklir di sepanjang perbatasan Korut dan Korea Selatan (Korsel). Dia memberikan wewenang kepada militer untuk merespons dengan serangan nuklir pencegahan (preemptive) jika merasa pemimpin negara itu berada dalam ancaman.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sistem peluncur rudal yang baru diungkapkan ke publik dan dikerahkan ke pasukan garis depan Korut itu, digambarkan oleh media pemerintah Pyongyang sebagai senjata serangan taktis mutakhir yang dirancang secara pribadi oleh Kim Jong Un dan siap ditransfer kepada militer Korut atau Tentara Rakyat Korea (KPA).

Kantor berita resmi Korut, Korean Central News Agency (KCNA), menyebut peluncur rudal itu baru diproduksi oleh pabrik amunisi di Korut dan dirancang untuk menembakkan rudal-rudal balistik "taktis" -- istilah yang menggambarkan sistem yang mampu mengerahkan senjata nuklir dengan daya ledak rendah.

Pyongyang mengatakan pihaknya telah melakukan uji coba terhadap sistem peluncur rudal taktis itu bulan lalu.

Dalam pidatonya dalam seremoni pengerahan itu, Kim Jong Un menyebut sistem peluncur baru itu akan memberikan kekuatan "luar biasa" kepada unit militer garis depan dalam berhadapan dengan Korsel, dan menjadikan pengoperasian senjata nuklir taktis menjadi lebih praktis dan efisien.

Foto-foto yang dipublikasikan media pemerintah Korut menunjukkan deretan truk peluncur berwarna hijau militer memenuhi jalanan besar, dengan ribuan penonton menghadiri seremoni yang digelar meriah itu, dengan diwarnai kembang api.

North Korean leader Kim Jong Un attends a ceremonial event to mark the delivery of new tactical ballistic missiles to his country's troops at an undisclosed location in North Korea, August 4, 2024 in this photo released by North Korea's official Korean Central News Agency. KCNA via REUTERS Purchase Licensing RightsKim Jong Un saat menghadiri pengerahan peluncur rudal taktis terbaru Korut Foto: KCNA via REUTERS Purchase Licensing Rights

Lihat Video 'Rancangan Sendiri, Kim Jong Un Pamer Sistem Rudal Balistik Taktis Baru':

[Gambas:Video 20detik]

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article