Tegang! Pesawat China Bikin Manuver Berbahaya terhadap Pesawat Filipina

1 month ago 14
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Militer Filipina menuding Angkatan Udara China melakukan "tindakan berbahaya dan provokatif" terhadap salah satu pesawatnya yang berpatroli di atas terumbu karang Laut China Selatan yang disengketakan.

"Dua pesawat angkatan udara China melakukan manuver berbahaya sekitar pukul 9:00 pagi dan menjatuhkan suar di jalur pesawat NC-212i kami," kata kepala angkatan bersenjata Filipina, Jenderal Romeo Brawner dalam sebuah pernyataan, mengenai insiden pada hari Kamis lalu "di atas" Scarborough Shoal tersebut.

Dilansir kantor berita AFP, Sabtu (10/8/2024), dia mengatakan tindakan China tersebut "membahayakan nyawa personel kami yang melakukan operasi keamanan maritim," seraya menambahkan bahwa pilot dan awaknya tidak terluka dan "kembali dengan selamat" ke pangkalan udara di Filipina utara.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kedutaan Besar China di Manila, Filipina belum memberikan komentar langsung mengenai insiden tersebut.

Tuduhan tersebut merupakan yang terbaru dalam konfrontasi yang semakin menegangkan antara Manila dan Beijing, yang mengklaim sebagian besar Laut China Selatan dan merebut Scarborough Shoal setelah pertikaian tahun 2012 dengan Filipina.

Dalam bentrokan sebelumnya, militer Filipina mengatakan salah satu pelautnya kehilangan ibu jarinya dalam konfrontasi di Second Thomas Shoal di wilayah lain di Laut China Selatan pada bulan Juni lalu. Dalam insiden itu, para penjaga pantai China juga menyita atau menghancurkan peralatan Filipina termasuk senjata api.

Beijing menyalahkan Manila atas eskalasi tersebut, dan menegaskan tindakannya untuk melindungi klaimnya adalah sah dan proporsional.

(ita/ita)

Read Entire Article