Tegang! Pesawat Militer Rusia Mengudara, Jepang Kerahkan Jet Tempur

2 weeks ago 5
ARTICLE AD BOX

Tokyo -

Militer Jepang mengerahkan sejumlah jet tempurnya setelah mendeteksi keberadaan sejumlah pesawat militer Rusia yang terbang mengelilingi kepulauan itu. Tokyo menyebut itu menjadi momen pertama kali dalam lima tahun terakhir saat pesawat militer Moskow terbang mengelilingi wilayah negara tersebut.

Kementerian Pertahanan Jepang dalam pernyataannya, seperti dilansir AFP, Jumat (13/9/2024), melaporkan bahwa mulai Kamis (12/9) pagi hingga sore, beberapa pesawat Tu-142 milik Rusia terdeteksi mengudara dari lautan di antara Jepang dan Korea Selatan (Korsel) menuju ke wilayah selatan Okinawa.

Pesawat militer Rusia itu, menurut Kementerian Pertahanan Jepang, kemudian mengudara ke arah utara melintasi Samudra Pasifik dan menyelesaikan penerbangan di pulau utara Hokkaido.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Sebagai respons, kami mengerahkan sejumlah jet tempur Angkatan Udara dalam keadaan darurat," demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang.

Seorang pejabat Kementerian Pertahanan Jepang, yang tidak disebut namanya, menuturkan kepada AFP pada Jumat (13/9) bahwa pesawat-pesawat militer Rusia itu tidak memasuki wilayah udara Jepang, namun terbang di atas area yang menjadi sengketa wilayah antara Tokyo dan Moskow.

Menurut pejabat itu, pesawat militer Rusia terakhir kali terdeteksi terbang mengelilingi Jepang adalah tahun 2019 lalu, namun insiden pada saat itu melibatkan pesawat pengebom yang memasuki wilayah udara Tokyo.

Awal pekan ini, kapal-kapal perang Rusia dan China memulai latihan bersama di perairan Laut Jepang. Latihan bersama itu merupakan bagian dari latihan Angkatan Laut besar-besaran yang digambarkan oleh Presiden Vladimir Putin sebagai latihan bersama yang terbesar dalam tiga dekade terakhir.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article