Tiba-tiba Sinkhole: Lukai hingga 'Telan' Orang di Korsel dan Malaysia

1 month ago 20
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Lubang menganga atau sinkhole tiba-tiba muncul di Malaysia dan Korea Selatan (Korsel). Peristiwa itu menyebabkan korban luka.

Sinkhole tersebut muncul di tengah kota. Peristiwa itu bikin geger karena membuat orang hingga mobil jatuh ke lubang.

Sinkhole di Malaysia

Kantor berita Bernama sebagaimana dilansir The Star melaporkan sinkhole terjadi di Kuala Lumpur dan menyebabkan seorang turis asal India menghilang sejak Jumat (23/8/2024). Operasi pencarian terus dilakukan petugas hingga Jumat (30/8) waktu setempat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Tim pencarian dan penyelamatan (SAR) yang terdiri atas Kepolisian Diraja Malaysia, Departemen Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (JBPM), Balai Kota Kuala Lumpur dan Departemen Mineral dan Geosains, sudah berada di lokasi kejadian dan area sekitarnya pada pukul 08.00 waktu untuk melanjutkan operasi.

Operasi SAR yang kini memasuki hari ke-8 fokus pada upaya membersihkan 'backlog' atau penyumbatan sepanjang 15 meter yang terdeteksi pada Kamis (29/8) waktu setempat di saluran pembuangan di bawah Wisma Yakin, yang berjarak sekitar 44 meter dari sinkhole yang menelan turis India itu.

Seorang pria melintasi area yang ditutup untuk umum setelah insiden turis India terjatuh ke dalam sinkhole di area Kuala Lumpur pada 23 Agustus lalu (AP Photo/Vincent Thian)Seorang pria melintasi area yang ditutup untuk umum setelah insiden turis India terjatuh ke dalam sinkhole di area Kuala Lumpur pada 23 Agustus lalu (AP Photo/Vincent Thian)

Upaya itu dilakukan setelah dua penyelam (scuba divers) dari JBPM Akademi Wilayah Utara gagal membersihkan puing-puing di saluran pembuangan setelah hampir setengah jam menyelam pada Jumat (30/8) sekitar pukul 04.00 waktu setempat. Kantor berita Bernama juga mencermati jumlah tempat usaha yang beroperasi di sekitar lokasi masih sama seperti kemarin, dengan hanya pertokoan yang ada di dalam gedung-gedung yang masih buka, sedangkan para pedagang yang menggunakan tenda atau membuka lapak pinggir jalan memilih tutup.

Pada 23 Agustus lalu, seorang wanita bernama G Vijaya Lakshmi (48) yang berasal dari India menghilang setelah terjatuh ke sinkhole yang disebut memiliki kedalaman hingga 8 meter. Dia menghilang dalam perjalanan ke kuil terdekat.

Insiden itu terjadi di area Jalan Masjid India yang ada di Kuala Lumpur. Laporan Associated Press menyebut Lakshmi sedang berjalan kaki di trotoar di area Dang Wangi, Kuala Lumpur, pekan lalu ketika trotoar itu tiba-tiba runtuh dan Lakshmi terjatuh lalu menghilang.

Para petugas penyelamat sejauh ini tidak menemukan jejaknya selain hanya menemukan sandalnya. Operasi SAR diluncurkan pada hari yang sama dengan melibatkan para personel dari berbagai pasukan keamanan dan otoritas setempat yang menggunakan berbagai teknik, termasuk jetting, flushing dan penyedotan air untuk membersihkan puing-puing di lokasi kejadian.

Anjing pelacak, kamera yang dikendalikan dari jarak jauh dan radar penembus tanah juga ikut dikerahkan dalam operasi pencarian tersebut. Namun, usaha tersebut masih belum membuahkan hasil.

Sinkhole di Korsel

Sinkhole juga muncul di ruas jalan raya Seoul, ibu kota Korea Selatan (Korsel). Sinkhole di Seoul 'menelan' satu unit mobil SUV yang sedang melaju di atasnya.

Insiden ini membuat dua orang yang ada di dalam mobil itu mengalami luka-luka. Dilansir Channel News Asia dan Associated Press, Jumat (30/8/2024), sejumlah foto dari lokasi kejadian menunjukkan satu unit mobil berwarna putih terjatuh ke dalam sinkhole yang muncul di tengah-tengah aspal jalan raya di bagian tengah kota Seoul pada Kamis (29/8) waktu setempat.

Sinkhole itu disebut memiliki kedalaman sekitar delapan kaki atau setara 2,5 meter. Media lokal Korea Herald melaporkan mobil tersebut 'terguling ke samping dan terjatuh ke dalam sinkhole'.

Para petugas darurat setempat telah menyelamatkan pengemudi mobil itu dan satu penumpangnya, yang diidentifikasi sebagai seorang kakek berusia 82 tahun dan seorang nenek berusia 76 tahun. Keduanya telah dilarikan ke rumah sakit terdekat, namun kondisi mereka belum diketahui secara jelas.

Tidak ada korban luka lainnya yang dilaporkan dalam insiden tersebut. Menurut kantor pemadam kebakaran distrik Seodaemun, insiden ini terjadi pada Kamis (29/8) sekitar pukul 11.20 waktu setempat. Kemunculan sinkhole di tengah jalan raya itu, menurut laporan Korea Herald, sempat memicu kemacetan lau lintas yang parah.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article