Ukraina Mulai Kerahkan Jet Tempur F-16 Hadapi Rusia

1 month ago 14
ARTICLE AD BOX

Kyiv -

Para pilot Ukraina mulai menerbangkan jet tempur F-16 yang canggih dalam operasinya di dalam wilayahnya, saat invasi Rusia terus berlanjut. Pengerahan jet tempur F-16 oleh Ukraina ini diumumkan langsung oleh Presiden Volodymyr Zelensky.

Seperti dilansir Reuters, Senin (5/8/2024), Zelensky dalam pernyataannya pada Minggu 4/8), mengumumkan bahwa jet tempur F-16 mulai dikerahkan dalam operasi militer Ukraina, namun untuk sementara masih sebatas operasi dalam negeri.

Pernyataan ini disampaikan Zelensky saat dirinya bertemu para pilot militer Ukraina di sebuah pangkalan udara di negara tersebut. Tampak dua jet tempur F-16 diparkir dan mengapit Zelensky saat dirinya menyampaikan pengumuman, dengan dua jet tempur F-16 lainnya mengudara di atasnya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Jet-jet tempur F-16 ada di Ukraina. Kita berhasil. Saya bangga dengan orang-orang kita yang menguasai jet-jet tempur ini dan sudah mulai menggunakannya untuk negara kita," ucap Zelensky saat berbicara di sebuah lokasi yang oleh otoritas Kyiv diminta untuk tidak diungkapkan ke publik karena alasan keamanan.

Pernyataan Zelensky tersebut mengonfirmasi kehadiran jet tempur canggih buatan Amerika Serikat (AS) yang sejak lama dilobi dan ditunggu-tunggu oleh Ukraina, tepatnya 29 bulan sejak invasi Rusia ke negara tersebut.

Kedatangan jet-jet tempur F-16 ini merupakan tonggak sejarah bagi Ukraina setelah penantian selama berbulan-bulan, meskipun masih belum diketahui secara jelas soal berapa banyak jet tempur yang tersedia dan seberapa besar dampaknya terhadap peningkatan pertahanan udara dan di medan pertempuran.

Rusia telah menargetkan pangkalan-pangkalan di Ukraina yang mungkin menampung jet tempur F-16, dan bersumpah untuk menembak jatuh jet-jet tempur itu agar tidak berdampak pada perang yang berlangsung.

Jet tempur F-16 yang diproduksi oleh Lockheed Martin, perusahaan dirgantara dan pertahanan ternama AS, telah sejak lama masuk dalam daftar keinginan Ukraina karena kekuatan penghancurnya dan ketersediaannya secara global. Jet tempur itu dilengkapi meriam 20 mm dan bisa membawa bom, roket serta rudal.

Simak juga Video 'Rusia Klaim Rebut Lozuvatske di Wilayah Donetsk Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article