Update Kondisi Rumput SUGBK Terbaru: Benarkah Belum Layak Gelar Laga Timnas Indonesia vs Australia?

1 month ago 10
ARTICLE AD BOX

Bola.net - Berseliweran rumor yang menyebut bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) terancam batal menggelar laga Timnas Indonesia vs Australia, September 2024 nanti. Pengelola SUGBK pun menjawab rumor ini.

Lapangan SUGBK sedang direnvoasi oleh Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) sejak Juni 2024 karena kerusakan rumput yang terjadi sejak awal tahun ini.

Timnas Indonesia berencana untuk memakai SUGBK ketika meladeni perlawanan Australia dalam partai kedua Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 10 September 2024.

"Bahwa benar, kondisi rumput lapangan SUGBK saat ini masih dalam tahap pematangan setelah proses penanaman," tulis akun X Humas GBK, @love_gbk, Senin (12/8/2024).

GBK People👋🏻 mengutip @gilabola_ina, Pengelola GBK ingin meluruskan & menambahkan informasi terkait kondisi rumput lapangan Stadion Utama GBK saat ini (12/8/2024) selengkapnya melalui utas berikut ini: https://t.co/MHrS1YMuR5

— Gelora Bung Karno (@love_gbk) August 12, 2024

1 dari 4 halaman

Penjelasan Humas GBK

Penjelasan Humas GBK

Proses revitalisasi Stadion Utama Gelora Bung Karno. (c) Dok. Humas PPPKGBK

"Kami memberikan asupan terbaik bagi rumput melalui pemupukan intensif, teknik rolling yang optimal, serta perawatan teknis lainnya setiap hari," jelas @love_gbk.

"Rangkaian pengerjaan perawatan rumput lapangan adalah upaya terbaik yang kami lakukan agar rumput siap digunakan dalam waktu secepat mungkin," ungkap @love_gbk.

Soal perkembangan terbaru dari pemugaran SUGBK, Humas GBK bakal mengabarkannya ke PSSI, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

2 dari 4 halaman

Percaya Diri

Percaya Diri

Kondisi Stadion Gelora Bung Karno jelang laga Timnas Indonesia vs Irak (c) Fitri Apriani

"Selain itu, seiring dengan rangkaian pekerjaan yang kami lakukan, secara rutin GBK akan menyampaikan laporan terkait perkembangan kondisi rumput kepada PSSI, Kemenpora, dan Kemensetneg," imbuh @love_gbk.

"Kami sangat percaya diri bahwa dengan perawatan intensif yang sedang dilakukan ini rumput lapangan SUGBK akan makin siap digunakan sesuai dengan standar internasional."

"Sebagai pengelola SUGBK, kami akan terus melakukan upaya maksimal untuk memastikan rumput tumbuh kuat dan mencapai kondisi terbaik," tutur @love_gbk.

3 dari 4 halaman

Tergantung FIFA

Tergantung FIFA

Aksi Calvin Verdonk di laga Timnas Indonesia vs Filipina di SUGBK, Selasa (11/06/2024). (c) Bola.net/M. Iqbal Ichsan

Namun, Humas GBK mengungkapkan bahwa kesiapan SUGBK menjadi kandang Timnas Indonesia untuk menghadapi Australia bakal diputuskan oleh FIFA lewat pemeriksaan terakhir.

"Namun, pada akhirnya, keputusan akhir terkait kelayakan venue akan ditentukan oleh FIFA Match Competition melalui final checking," ungkap @love_gbk.

4 dari 4 halaman

Jadwal Timnas Indonesia

Jadwal Timnas Indonesia

Timnas Indonesia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 versus Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (6/6/2024). (c) Bola.net/M Iqbal Ichsan

Berikut jadwal Jadwal Timnas Indonesia di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

  • 6 September 2024 - Arab Saudi vs Indonesia
  • 10 September 2024 - Indonesia vs Australia
  • 10 Oktober 2024 - Bahrain vs Indonesia
  • 15 Oktober 2024 - China vs Indonesia
  • 14 November 2024 - Indonesia vs Jepang
  • 19 November 2024 - Indonesia vs Arab Saudi
  • 20 Maret 2025 - Australia vs Indonesia
  • 25 Maret 2025 - Indonesia vs Bahrain
  • 5 Juni 2025 - Indonesia vs China
  • 10 Juni 2025 - Jepang vs Indonesia.

Disadur dari: Bola.com (Muhammad Adi Yaksa, Aryo Atmaja) 12 Agustus 2024

Read Entire Article