Zelensky Pecat Komandan Ukraina Usai F-16 Jatuh Tangkis Serangan Rusia

1 month ago 9
ARTICLE AD BOX

Kyiv -

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky memecat komandan Angkatan Udara Mykola Oleshchuk. Pemecatan dilakukan setelah salah satu jet tempur F-16 yang diterbangkan Kyiv jatuh saat menangkis serangan besar-besaran Rusia.

Sedikitnya satu pilot militer Ukraina tewas dalam insiden tersebut.

Pemecatan komandan Angkatan Udara Ukraina itu, seperti dilansir Reuters, Sabtu (31/8/2024), tertuang dalam dekrit kepresidenan yang diungkap ke publik pada Jumat (30/8) waktu setempat.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pemecatan itu diumumkan setelah militer Ukraina melaporkan salah satu jet tempur F-16 jatuh dan pilotnya tewas saat menangkis serangan Rusia pada Senin (26/8) waktu setempat.

Zelensky mengumumkan pemecatan komandan Angkatan Udara Ukraina itu dalam pidato malam hari pada Jumat (30/8) waktu setempat.

"Saya telah memutuskan untuk mengganti komandan Angkatan Udara... Saya selamanya berterima kasih kepada semua pilot militer kita," ucap Zelensky.

Dia tidak menjelaskan lebih lanjut soal alasan pemecatan tersebut. Namun dalam pidatonya, Zelensky mengatakan bahwa para personel militer harus dilindungi, dan diperlukan adanya penguatan tingkat komando.

Kepala Staf Umum Militer Ukraina mengatakan secara terpisah bahwa Letnan Jenderal Anatoliy Kryvonozhka untuk sementara akan menjalankan tugas jabatan sebagai Komandan Angkatan Udara.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.

Read Entire Article